DetikTravel










Larangan Dibonceng Ngangkang & 8 Aturan Menyetir Aneh di Dunia

Afif Farhan - detikTravel - Rabu, 09/01/2013 07:28 WIB
Jakarta - Wisatawan perempuan yang traveling ke Kota Lhokseumawe, Aceh, harus siap dengan larangan duduk ngangkang kalau naik motor. Ternyata, masih ada 8 aturan menyetir lainnya yang paling aneh di dunia.

Jangan tertawa dulu, sebab beberapa negara di dunia memang mempunyai peraturan aneh tentang menyetir kendaraan. Peraturannya pun tidak hanya harus dipatuhi oleh masyarakat setempat, tapi juga oleh para traveler yang berkunjung ke sana. Hati-hati, sebab jika melanggar Anda pasti mendapat teguran.

Disusun detikTravel, Rabu (9/1/2013), berikut 9 negara dengan aturan menyetir yang aneh di dunia:

1. Indonesia

Akhir-akhir ini, traveler di Indonesia diramaikan dengan aturan baru di Kota Lhokseumawe, Aceh. Larangan tersebut adalah tidak diperbolehkannya kaum perempuan duduk ngangkang saat dibonceng sepeda motor. Jadi, para perempuan harus duduk menyamping saat dibonceng oleh para lelaki, baik itu teman atau pun suaminya.

Surat edaran larangan ini telah resmi dikeluarkan pada Senin (7/1/2013) lalu. Bagi traveler yang sedang melancong ke Lhokseumawe, Anda akan melihat tempelan surat larangan ini di pusat perbelanjaan, warung, dan masjid.

Larangan ini diberlakukan untuk menjaga adat istiadat dan juga menjaga dari perbuatan maksiat (hal-hal yang tidak diinginkan). Meski begitu, larangan tersebut hingga kini menuai banyak kontroversi. Meski demikian, traveler perempuan di sana harus menaati peraturan yang berlaku.

2. Thailand

Beda lagi dengan peraturan menyetir di Negeri Gajah Putih, Thailand. Di sana, pengemudi laki-laki dilarang membuka baju saat menyetir. Thailand memiliki iklim yang sama dengan Indonesia, yaitu tropis. Pantai-pantai di sana pun menjadi tempat nongkrong favorit.

Meski demikian, Anda tetap harus menggenakan baju jika ingin berkendara di sana. Beda memang dengan di Bali, yang memperbolehkan turis laki-laki bertelanjang dada sambil wara-wiri naik motor. Wah, harus sabar pakai baju sampai tiba di pantai ya!

3. Saudi Arabia

Sama dengan Lhokseumawe, Saudi Arabia memiliki beberapa larangan bagi kaum perempuan. Bedanya, jika di Lhokseumawe perempuan tidak boleh duduk ngangkang saat dibonceng, maka peraturan di Saudi Arabia adalah perempuan sama sekali tidak diperbolehkan mengemudi kendaraan.

Semua perempuan diwajibkan menjadi penumpang, meski dapat menyetir. Saudi Arabia merupakan satu-satunya negara yang tidak memperbolehkan wanita mengemudi mobil sendiri. Jadi, bagi yang perempuan yang mau traveling ke Saudi Arabia ada baiknya menggunakan jasa transportasi umum atau menyewa supir. Rental mobil untuk disopiri sendiri, jelas bukan pilihan.

4. Spanyol

Beranjak ke Eropa, Anda akan dikejutkan dengan beberapa peraturan aneh di sana. Di Spanyol misalnya, Anda tidak boleh menaruh barang-barang belanjaan di kursi belakang mobil. Selain itu, wanita tidak diperbolehkan menyetir dengan lingerie.

Yang aneh lagi, traveler harus tahu tentang peraturan mengenai parkir mobil dan tanggal. Jadi, di beberapa daerah di Spanyol, mobil Anda hanya boleh parkir di depan rumah bernomor ganjil saat tanggal ganjil. Begitu pun saat tanggal genap, Anda hanya boleh parkir di rumah dengan nomor genap. Repot ya?

5. Bulgaria

Nah, kalau di Bulgaria lebih repot lagi peraturannya. Sebab, bagi Anda yang mengemudi mobil diwajibkan membawa beberapa barang penunjang keamanan mobil, seperti segitiga pengaman dan kotak P3K. Tak hanya itu, Anda pun diharuskan membawa rompi terang yang berwarna hijau atau oranye.

Ups, ternyata Anda juga harus diwajibkan membawa tabung pemadam kebakaran di dalam mobil yang dikendarai. Ingat, traveler yang mengemudikan mobil di sana harus cek mobil sewaan dulu sebelum berangkat. Pastikan benda-benda tersebut tersedia di dalam mobil, kalau tidak lengkap siap-siap didenda.

6. Cyprus

Bagi traveler yang gampang haus, jangan pernah menenggak minuman saat menyetir di Cyprus. Mengapa? Sebab apapun minuman dan apapun alasannya, minum saat menyetir di sana dianggap sebagai pelanggaran. Jika memang benar-benar haus, lebih baik Anda menepi dan berhenti sebentar untuk minum. Ingat-ingat ya!

7. Swiss

Bagi traveler yang suka bermain salju atau melihat danau-danau cantik, Swiss adalah tempatnya. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan saat menyetir di sana. Jika Anda menyetir di Swiss dan memakai kacamata hitam, maka Anda wajib membawa pasangan kacamata tersebut.

Aneh memang, Anda tidak boleh memiliki satu kacamata hitam saja saat menyetir di sana. Minimal Anda harus punya dua kacamata hitam. Hmm, pikir-pikir lagi kalau mau bergaya ya?

8. Swedia

Di Indonesia, sepeda motor wajib menyalakan lampu meski saat siang hari. Akan tetapi, di Swedia justru mobil yang harus menyalakan lampu. Ingat-ingat bagi traveler Indonesia yang mau berlibur ke Swedia, nyalakan selalu lampu mobil saat sedang menyetir di sana.

9. AS

Di Negeri Paman Sam, AS, traveler harus mengetahui peraturan penting tentang berkendara. Jika ditilang, Anda harus duduk di dalam mobil dan menunggu polisi datang menghampiri. Jika Anda keluar dari mobil saat polisi belum datang menghampiri, Anda bisa ditembak karena alasan keamanan.

Tak hanya itu, jangan buka sabuk pengaman sebelum polisi menghampiri Anda. Jadi bagi traveler yang ditilang di sana, duduk manis saja di dalam mobil dan terus gunakan sabuk pengaman sampai polisi tiba.

Itulah 9 negara dengan peraturan menyetir yang aneh di dunia. Ingatlah baik-baik peraturan di tiap negara dan tetap menyetir dengan waspada. Selamat traveling!


(aff/fay)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com