DetikTravel









Akhir Pekan Paling Hangat di Pemandian Gunung Pancar, Bogor

Desi Puspasari - detikTravel - Rabu, 23/01/2013 17:10 WIB
Bogor - Liburan musim hujan asyiknya berendam di air panas. Tak usah jauh-jauh, di daerah Babakan Madang, Bogor, Anda bisa merasakan kehangatan air panas Gunung Pancar. Segar!

Meskipun berjuluk Kota Hujan, Bogor juga bisa memberikan kehangatan untuk wisatawannya. Taman Wisata Alam Gunung Pancar salah satunya. Destinasi yang berada tidak jauh dari Sirkuit Sentul ini, menyuguhkan pemandian air panas yang dipadukan dengan panorama hutan lindung pinus.

Beberapa waktu lalu, detikTravel berkesempatan untuk menikmati kehangatan kolam pemandian air panas Gunung Pancar. Untuk sampai di sini membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Sirkuit Sentul.

Pelancong yang ingin datang tidak perlu khawatir akan tersasar, sebab petunjuk jalan sudah cukup jelas, dan warga sekitar sudah pasti tahu letak pemandian air panas ini. Hutan pinus akan menyapa ketika sampai di tempat ini. Udara dingin khas pegunungan pun sangat terasa.

Memasuki kawasan hutan pinus Gunung Pancar, turis domestik akan dikenakan biaya Rp 2.000 per orang, turis asing Rp 5.000, serta motor dan mobil Rp 1.000. Ketika memasuki pintu gerbang pemandian, satu orang pelancong kembali dikenai biaya Rp 10.000 per orang, kendaraan roda dua Rp 2.000 dan mobil Rp 4.000.

Traveler bisa berkunjung ke destinasi ini kapanpun. Ya, karena lokasi ini buka 24 jam. Di sini ada 3 jenis kolam yang bebas Anda pilih, yaitu kolam umum, kolam keluarga, dan kolam 3 rasa.

Bagi Anda yang meninginkan suasana pribadi dan tenag, bisa berendam di kolam keluarga. Akan tetapi, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 25.000 per orang per jam atau Rp 100.000 per keluarga per jam. Setiap kolam keluarga dikelilingi tembok batu. Jadi, antara pengunjung kolam satu dengan yang lainnya punya ruangan berbeda.

Beda halnya kalau Anda berendam di kolam umum. Kolam pemandian umum, berada di area terbuka yang terbagi menjadi kolam khusus wanita dan kolam khusus pria. Di sana Anda harus berbagi dengan pengunjung lainnya.

Saat itu, saya juga bertemu dengan Elis, pengelola Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Elis menjelaskan, kalau pemandian ini juga berfungsi sebagai tempat pengobatan.

"Tidak cuma untuk wisata, banyak juga yang datang ke sini untuk berobat," kata Elis.

Air panas yang berasal dari Gunung Pancar ini dipercaya bisa menyembuhkan beberbagai macam penyakit. Untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan bisa melakukan terapi dan rawat inap di sini.

Elis menambahkan, "air panas di sini murni mineral. Kandungan belerangnya sangat minim, sehingga tidak menimbulkan pusing dan bau belerang. Jadi sangat aman."

Tak cuma pemandian air panas, di Taman Wisata Gunung Pancar juga terdapat trek sepeda gunung, Sebex Bike Park. Kalau berminat, silakan gowes sepeda downhill Anda di trek ini.

Nah, jika belum punya ide untuk liburan akhir pekan ini? Tak ada salahnya bila Anda mengajak keluarga liburan ke pemandian air panas Gunung Pancar.

(ptr/fay)
Kolam umum pemandian air panas Taman Wisata Gunung Pancar (Desi/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com