Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Mei 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Tak Perlu Liburan Jauh, Ini 5 Event yang Wajib Dikunjungi di Jateng

Advertorial
detikTravel
Dieng Culture Festival (Foto: shutterstock)
Dieng Culture Festival (Foto: shutterstock)
Jakarta - Berbicara soal liburan, jarak terkadang menjadi suatu acuan seberapa kerennya kamu. Banyak yang menganggap bahwa bisa liburan jauh ke luar negeri itu keren, padahal banyak tempat di Tanah Air yang tidak kalah keren dibanding luar negeri, salah satunya Jawa Tengah.

Rupanya kota ini tidak hanya cantik dengan destinasi wisatanya seperti Candi Borobudur dan Karimunjawa, tapi juga karena pertunjukkan-pertunjukkan seni dan budayanya yang kreatif. Berikut ini beberapa event keren tahun ini yang wajib kamu saksikan di Jawa Tengah, ada apa saja?

Solo Batik Carnival

Sesuai namanya, acara yang satu ini akan digelar di Kota Solo pada tanggal 26-28 Juli mendatang. Tepatnya di Stadion Sriwedari-Benteng Vastenburg.

Solo Batik Carnival ini cocok untuk para penyuka fashion karena akan menampilkan ratusan kostum batik yang didesain secara kreatif dan inovatif, lalu ditampilkan dalam bentuk parade fashion. Tujuan acara ini adalah untuk mempromosikan Kota Solo sebagai Kota Batik.

Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan acara tahunan yang digagas oleh Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa. Kelompok ini berupaya menggabungkan konsep budaya dan wahana wisata alam, dengan misi pemberdayaan ekonomi masyarakat Dieng.

DFC 2019 yang akan digelar pada tanggal 3-5 Agustus di Desa Wisata Dieng Kulon ini akan menawarkan berbagai macam acara. Mulai dari pertunjukan musik jazz, kesenian, pesta lampion dan kembang api, pagelaran wayang kulit, kirab budaya dan rangkaian ritual cukur rambut anak gembel. Karena keunikannya, setiap kali event ini diselenggarakan dapat dipastikan ratusan ribu pengunjung akan hadir.

Festival Payung Indonesia

Acara ini merupakan festival rakyat yang berbasis pada peran partisipasi masyarakat dengan menempatkan payung sebagai sumber penciptaan karya seni. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian dalam sektor kreatif seni kerajinan pembuatan payung tradisional buatan Indonesia, sekaligus melestarikan payung tradisional Indonesia sebagai warisan budaya.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 September 2019 di kompleks Candi Borobudur, Magelang. Akan ada setidaknya 80 kegiatan dalam acara ini. Mulai dari fashion show, seni musik, tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, aneka kuliner hingga workshop.

Festival Kota Lama

Event selanjutnya yang tak kalah seru ini akan dilaksanakan di Kota Lama, Semarang pada 22 September 2019. Acara ini bertujuan untuk mengajak wisatawan dan masyarakat bernostalgia dengan makanan khas Semarang, musik, expo barang jadul serta tarian tempo dulu. Cocok sekali untuk kamu yang ingin melihat bagaimana suasana Semarang di masa lalu sambil wisata kuliner dan menikmati musik.

Borobudur Marathon

Bagi kamu yang ingin liburan sekaligus bisa berolahraga, event yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Borobudur Marathon akan diselenggarakan di Lumbini Park, Candi Borobudur, Magelang, pada Minggu, 17 November 2019. Menurut panitia pelaksana Borobudur Marathon 2019, Lukminto Wibowo, acara ini merupakan ajang lari terbaik di Indonesia, apalagi setelah diraihnya penghargaan Best Marathon of The Year pada 2018 lalu.

Itulah kelima event spesial di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi tahun ini. Seru dan menarik, bukan? Nah, agar tidak ketinggalan acaranya, yuk pesan tiket liburanmu ke Jawa Tengah di Traveloka. Dari mana pun asalmu dan ke mana pun tujuanmu, semuanya bisa kamu pesan di Traveloka dengan mudah dan hemat. (adv/adv)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED