Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Mei 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Siapa Sangka! Naik Bus Bisa Bikin Perjalanan Mudik Anda Lebih Mudah

Advertorial
detikTravel
Foto: Shutterstock.
Jakarta - Melambungnya harga tiket pesawat dengan rute domestik yang terjadi beberapa waktu belakangan menjadi topik yang hangat yang diperbincangkan di media sosial. Para pengguna layanan pesawat terbang mengeluhkan harga tiket rute domestik yang jauh lebih mahal daripada rute internasional.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tak pelak hal ini membuat para calon pemudik menjerit. Ditambah dengan langkanya tiket kereta api yang biasanya sudah ludes beberapa bulan sebelumnya. Sehingga pemudik harus buru-buru mencari cara supaya bisa tetap pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga tercinta.

Meski seringkali dianggap tidak secepat layanan transportasi lainnya seperti pesawat dan kereta api, mudik dengan bus merupakan hal yang layak untuk dipertimbangkan. Dibandingkan tahun lalu, dibangunnya jalan tol Trans Jawa diyakini akan mempersingkat waktu perjalanan.

Dua tahun lalu, rute perjalanan Jakarta-Semarang berdurasi hingga 12 jam. Tapi kini, rute Jakarta-Semarang dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari tujuh jam saja. Apabila dibandingkan menggunakan rute yang sama, kini waktu tempuh yang diperlukan ini tak jauh beda dengan layanan kereta api, dimana Jakarta-Semarang biasanya membutuhkan waktu perjalanan 6 jam.

Selain itu, menggunakan layanan transportasi bus pun memiliki manfaat-manfaat lain yang tidak kalah dengan layanan transportasi lainnya. Simak yuk, manfaat yang bisa anda dapatkan jika mudik kali ini anda menggunakan bus!

Pilihan Rute yang Beragam

Banyaknya penyedia layanan bus (PO) menjadikan perburuan tiket para calon pemudik tidak seketat kereta api maupun pesawat. Tak jarang, rute-rute yang dilewati bus dapat menjamah kota-kota yang jauh dari bandara maupun kereta api. Pengguna bus juga dapat naik dari terminal pilihan yang terdekat dengan posisi calon penumpang. Hal ini memungkinkan penumpang untuk menghemat ongkos yang harus dikeluarkan apabila mereka harus pergi ke bandara maupun stasiun yang jauh dari tempat asal mereka.

Di kota tujuan, penumpang dapat berkomunikasi dengan sopir maupun kernet bus apabila memungkinkan untuk turun di halte pemberhentian yang paling dekat dengan tujuan.

Berbagai rute telah dilayani oleh berbagai PO. Beberapa PO bus juga telah melayani rute keluar pulau Jawa seperti Sumatera, Bali hingga Kalimantan. PO Sari Mustika Jaya misalnya, melayani rute dari Jawa Tengah menuju Sumatera Selatan. Sebaliknya, rute ke bagian Timur dilayani oleh beberapa PO seperti LADJU yang memiliki rute Jawa Timur ke Bali. Di luar pulau jawa, PO Kangaroo melayani rute kota-kota di Kalimantan Timur sedangkan PO RAPI turut melayani rute dari Sumatera Utara ke Sumatera Barat. Bahkan, dari Medan anda juga bisa menggunakan PO Medan Jaya untuk rute menuju Jakarta.

Untuk perjalanan di pulau Jawa, Sinar Jaya, Harapan Jaya serta Rosalia Indah dapat melayani perjalanan dari Jabodetabek menuju Jawa Tengah. Untuk perjalanan di Jawa Barat, selain bus penumpang juga dapat menggunakan shuttle seperti Baraya maupun Siliwangi Trans. Dibandingkan bus, shuttle memiliki kapasitas penumpang yang lebih sedikit sehingga cocok bagi anda yang lebih suka menumpangi angkutan yang lebih kecil.

Harga yang Bersahabat

Bus memiliki harga tiket yang cukup bersaing dengan harga tiket kereta api. Dalam beberapa perjalanan, tiket bus bisa jadi menjadi lebih ekonomis apabila memperhitungkan fasilitas yang termasuk ke dalam harga tiket yang dibayarkan. Misalnya, penumpang bus tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli makanan maupun snack untuk mengisi perut di sepanjang perjalanan.

Nyaman dan Anti Repot

Untuk kenyamanan penumpang, bangku-bangku penumpang di dalam bus dibuat empuk dan nyaman. Selain itu, beberapa PO juga menyediakan area kaki atau leg rest yang lebih luas daripada PO yang lainnya, sehingga penumpang bisa bergerak lebih leluasa.

Di setiap bangku, penumpang juga dimanjakan dengan adanya selimut, bantal, bahkan terkadang minuman gelas hingga camilan yang membuat perjalanan lebih nyaman. Tak lupa, harga tiket bus yang dibayar seringkali sudah termasuk dengan harga satu kali makan di tempat peristirahatan yang dipilih oleh masing-masing PO.

Bus juga merupakan moda transportasi yang tepat jika anda menginginkan perjalanan tanpa repot. Penumpang tidak perlu melakukan check-in atau mencetak tiket sebelum berangkat. Jika calon penumpang memiliki barang bawaan yang cukup banyak, penumpang juga tak perlu repot melewati pintu pengecekan berlapis serta bergegas menuju pintu keberangkatan seperti yang biasanya dilakukan di bandara.

Selain itu, aturan mengenai barang bawaan yang boleh dan tidak boleh dibawa selama perjalanan bus lebih longgar daripada layanan transportasi yang lain, sehingga, penumpang bisa bebas membawa barang bawaan asalkan tidak mengganggu penumpang lainnya.

Tiket Lebih Mudah Didapat

Dengan pilihan rute yang lebih beragam dan penyedia layanan yang lebih bervariasi, tiket bus tentunya lebih mudah dicari. Tapi kini, aplikasi Traveloka sebagai online travel agent pertama di Indonesia memiliki fitur yang dapat mempermudah penumpang untuk mendapatkan tiket bus dengan berbagai rute perjalanan.

Jika dulu calon penumpang harus berkeliling terminal hanya untuk mencari dan membandingkan tiket, lewat aplikasi Traveloka, penumpang dapat membeli tiket bus dengan rute yang diinginkan hanya dengan sentuhan jari. Calon penumpang cukup memasukkan informasi mengenai rute perjalanan dan waktu yang diinginkan.

Dalam waktu singkat Traveloka dapat menyajikan berbagai pilihan yang dapat anda pilih yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Setelah mendapatkan tiket yang cocok, penumpang bisa langsung melakukan booking serta membayar tagihannya secara non-tunai sehingga tak perlu repot menyediakan uang tunai.

Siapa tahu mudik dengan bus tahun ini dapat memberikan pengalaman baru yang berbeda untuk anda. Berbagai manfaat yang ditawarkan bisa jadi membuat perjalanan anda semakin menyenangkan dan bebas repot. Tunggu apalagi, segera booking tiket mudik anda di aplikasi Traveloka. (adv/adv)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya