Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Feb 2021 13:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masjid di Bandung Punya Taman Cinta, Fungsinya Merawat Ekosistem

Rohmatulloh
d'Traveler
Taman Cinta Masjid
Taman Cinta Masjid
Masjid kampus
Masjid kampus
Danau Taman Cinta Masjid
Danau Taman Cinta Masjid
Rak infak
Rak infak
Merawat ikan
Merawat ikan
detikTravel Community -

Masjid di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilengkapi dengan Taman Cinta Masjid yang mengajak jemaah untuk merawat ekosistem. Begini keseruannya.

Traveler yang masih duduk di bangku kuliah dan sekarang ini masih dilakukan secara daring, yuk ikut tur virtual ke masjid kampus yang indah dan menyejukkan pikiran.

Jika sekilas dilihat, masjid ini tampaknya sama seperti masjid di kampus Indonesia lainnya yang berfungsi sebagai tempat beribadah sekaligus laboratorium pendidikan untuk membentuk karakter mulia mahasiswanya.

Tetapi kali masjid yang satu ini begitu istimewa karena di samping sebagai tempat ibadah, juga memiliki taman yang bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan dunia dan akhirat, serta jasmani dan rohani bagi jemaahnya.

Yang terpenting juga, di taman masjid yang diberi nama Taman Cinta Masjid ada kegiatan untuk menyayangi makhluk ciptaan Allah SWT. Idenya sederhana, ikan dan hewan lainnya yang ada di sekitar danau Taman Cinta Masjid harus dirawat oleh jamaah sendiri yang berkunjung melalui mekanisme infak.

Infak dimasukkan ke dalam kotak rak taman dan mengambil satu bungkus makanannya. Infak makanan ikannya pun tidak mahal hanya lima ribu rupiah.

Di samping jamaah sudah merawat ikan yang ada di dalam kolam, kegiatan ini sekaligus juga sebagai metode pendidikan karakter untuk merawat ekosistem ciptaan Allah SWT yang ada di sekitarnya. Tentunya, tidak hanya merawat binatang yang ada di taman tersebut, tetapi juga kita harus merawat tanaman dan benda-benda mati lainnya yang ada di sekitar Taman Cinta Masjid.

Dengan ini, jamaah diharapkan akan terbentuk sikap dan perilaku atau kebiasaan kasih sayang kepada Sang Pencipta dan makhluk ciptaan-Nya. Semoga masjid lainnya juga menyediakan laboratorium pendidikan Taman Cinta Masjid untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi jemaahnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA