Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Feb 2021 17:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serunya Nostalgia Main Air di Sungai Cikapundung Bandung

Wisma Putra
detikTravel
Teras Cikapundung 2021
Foto: Teras Cikapundung (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung -

Teras Cikapundung yang berada di sekitar aliran Sungai Cikapundung menjadi tempat favorit warga Bandung untuk berwisata di kala pandemi COVID-19.

Obyek wisata yang dibangun BBWS Citarum ini nyaman sekali, karena suasananya masih alami dan masih banyak rimbunan pepohonan. Tentunya aliran Sungai Cikapundung menjadi spot favorit.

Selain bisa berswafoto dan bisa naik perahu karet, bagi Anda yang mengajak anak-anak ke obyek wisata ini bisa langsung bermain air bahkan berenang, karena aliran sungai yang ada di kawasan Teras Cikapundung cukup dangkal.

Tak jarang, para pengunjung pun mengajak anak-anaknya untuk bermain air dan berenang di aliran sungai tersebut.

Kita juga bisa bernostalgia semasa kecil, dengan bermain air di aliran sungai ini.

Teras Cikapundung 2021Teras Cikapundung Foto: Wisma Putra/detikTravel

Salah satu pengunjung asal Setiabudi Iwan Sukriawan (38) mengajak anak dan sepuounya bermain ke Teras Cikapundung untuk bermain di aliran sungai.

"Ngajak anak buat bermain air, selain itu tempatnya juga asyik," kata Iwan.

Tak hanya bermain, Iwan juga ingin memberi edukasi kepada anak-anak nya agar mengenal alam.

"Di sini banyak pepohonan, saya bilang ke anak supaya kita menjaganya, jangan sampai menebangnya," ujar Iwan.

"Selain itu, aliran sungai ini, saya katakan sama anak-anak, dulu pas saya seusia mereka suka bermain di sungai, berenang tak hanya sekedar bermain air dan mencipratkan air saj," tambahnya.

Iwan menyebut, tempat wisata yang betul-betul masih alami di Kota Bandung sudah cukup jarang. "Jarang, makannya saya ajak anak-anak. Selain alami, tempatnya aman juga, jadi mudah diawasi, apalagi ini aliran airnya tidak terlalu Besar," jelas Iwan.

Teras Cikapundung 2021Teras Cikapundung Foto: Wisma Putra/detikTravel

Tak hanya Iwan, Qori (43) pengunjung lainnya menyebut keberadaan Sungai Cikapundung yang melintas disepanjang wilayah Kota Bandung harus dijaga.

"Sungai ini harus dijaga, jangan sampai kotor, apalagi membuang sampah ke aliran sungai" ujar Qori.

Qori mengisahkan, 10-20 tahun lalu ia masih melihat aliran sungai yang masih bersih dan airnya tidak kotor karena sampah. "Saya ingat dulu, kalau main di sungai airnya tuh bersih, jernih, enggak seperti sekarang, kotor dan warnanya keruh," paparnya.

"Nah, makannya saya ajak anak-anak kesini agar mereka bisa mendapatkan pendidikan dini soal sungai, agar mereka sayang dan menjaga sungai kelak mereka dewasa dan bisa memberikan pengetahuan alam kepada generasinya," tambah Qori.

Karena saat ini masih dalam suasana pandemi COVID-19, para pengunjung diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, menggunakan masker, mencuci tangan dan berjaga jarak.

Selain itu, jangan buang sampah sembarangan dan memungut atau bawa pulang kembali bungkus makanan yang kita bawa dari rumah ke tempat wisata ini.



Simak Video "Petugas Angkut 3 Sampah Kasur yang Bikin Mampet Sungai Cikapundung"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA