Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Mar 2021 10:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Eksotisme Bahari Pulau Friwen Raja Ampat

pemandangan dermaga friwen yang diabadikan drone
pemandangan dermaga friwen yang diabadikan drone
view keseluruhan Pulau Friwen
view keseluruhan Pulau Friwen
jernihnya air laut Friwen seperti kaca
jernihnya air laut Friwen seperti kaca
ombak yang tenang cocok untuk berelaksasi disini
ombak yang tenang cocok untuk berelaksasi disini
eksotisnya senja di pantai Friwen
eksotisnya senja di pantai Friwen
wisatawan sedang memberi makan ikan di Friwen Wall
wisatawan sedang memberi makan ikan di Friwen Wall
keragaman jenis ikan di bawah laut Friwen
keragaman jenis ikan di bawah laut Friwen
terumbu karang Friwen sangat estetik
terumbu karang Friwen sangat estetik
menikmati view laut dari atas puncak Friwen Wall
menikmati view laut dari atas puncak Friwen Wall
detikTravel Community -

Pertama kali yang terlintas pada pikiran seseorang jika mendengar kata Raja Ampat, maka keindahan adalah jawabannya. Banyak orang yang kurang mengetahui destinasi apa saja yang harus di eksplor saat berada di Raja Ampat.

Kebanyakan traveler lebih memilih mengunjungi Misool, Wayag ataupun Pianemo. Padahal ada satu destinasi yang menawarkan eksotisme yang menakjubkan dan tak kalah dari Wayag maupun Pianemo.

Destinasi wisata itu terletak di Pulau Friwen, Kecamatan Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat. Akses Ke Friwen Untuk mencapai Pulau Friwen akses yang dibutuhkan lumayan panjang jika memulai perjalanan dari Sorong.

Start perjalanannya diawali dari Pelabuhan Rakyat di Sorong dengan menaiki Kapal menuju Waisai. Di pelabuhan ini ada dua pilihan kapal, yaitu kapal feri cepat maupun kapal express dan harga bervariasi pula.

Bagi backpacker, disarankan untuk naik kapal feri cepat saja karena harganya yang lumayan murah, yaitu di kisaran Rp. 75.000 dengan fasilitas yang lumayan memuaskan. Perjalanan menggunakan feri memakan waktu sekitar 5 jam untuk sampai di pelabuhan Waisai.

Suguhan laut Papua yang indah turut menemani perjalanan di tengah arus gelombang yang lumayan membuat kepala pusing. Sesampainya di Waisai, wisatawan bisa menyewa perahu untuk menuju Pulau Friwen.

Alternatif yang biasa dilakukan untuk meringkas perjalanan ini bisa menggunakan jasa tour travel. Rekomendasi untuk menyambangi Pulau Friwen disarankan berangkat berkelompok untuk bisa menekan budget dalam menyewa perahu atau menekan harga untuk jasa tour travelnya.

Sebelum sampai di Pulau Friwen, wisatawan akan disambut dengan pemandang resort yang memukau khas wisata bahari di atas beningnya air laut. Saat wisatawan sampai di Friwen, pasti akan disambut dengan hangatnya sambutan masyarakat Kampung Friwen.

Manisnya Senyuman, ramahnya tindakan ditambah keceriaan anak di Friwen harusnya menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Spot Menarik Bagi wisatawan pecinta foto bawah laut, Friwen adalah Rujukan yang tepat jika ingin melakukan Diving maupun Snorkeling.

Gugusan terumbu karang maupun keberagaman jenis ikan adalah bukti nyata akan keindahan surga bawah lautnya. Selain itu bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, bisa menikmati keindahan pantai Friwen di pinggiran saja atau bisa menikmati eksotisnya senja di atas dermaga Friwen.

Ada juga spot favorit untuk melihat indahnya laut dari atas Ketinggian, dan tempat itu lebih populer dengan sebutan Friwen Wall. Friwen Wall ini letaknya tak begitu jauh dari Pulau Friwen, jika naik perahu motor cukup 15 menit saja.

Sensasi yang ditawarkan di sini ,wisatawan bisa melihat keragaman jenis ikan-ikan yang cantik dari atas air laut karena air lautnya begitu jernih bagaikan cermin. Biasanya wisatawan diajak untuk memberi makan ikan itu agar ikan-ikannya pada berkumpul. Spot bawah laut Friwen wall menjadi buruan utama wisatawan jika mereka menyambangi tempat ini.

Karena keeksotikanya itu, Friwen bisa dijadikan rekomendasi perjalanan selanjutnya bagi wisatawan yang belum ke Raja Ampat, dengan budget yang tidak terlampau mahal seperti destinasi lainnya dan kepuasan yang ditawarkan hampir sama, rasanya Pulau Friwen patut dipertimbangkan.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Sunarto Heri Kustanto. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT