Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Apr 2021 12:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Desa Wisata di Garut, Tidur di Rumah Panggung, Menikmati Suara Jangkrik

Bekti Yustiarti
d'Traveler
Rumah panggung
Rumah panggung
Sawah
Sawah
Cantiknya pagi hari disambut bunga teratai
Cantiknya pagi hari disambut bunga teratai
Memberi makan ikan
Memberi makan ikan
Menikmati makanan khas Sunda
Menikmati makanan khas Sunda
detikTravel Community -

Jawa Barat, selain memiliki Bogor yang dikenal dengan udaranya yang sejuk juga ada Garut yang tak kalah akan keindahan alamnya.

Terletak di kaki Gunung Papandayan, Garut menyuguhkan lukisan alam yang menawan yang memanjakan mata traveler.

Persawahan dengan bentuk terasering dengan latar belakang gunung dapat kita nikmati sepanjang jalan di kota yang tersohor dengan kota dodol ini.

Hal menarik yang dapat dilakukan saat mengisi akhir pekan untuk melepas penat dengan mengunjungi desa wisata di sana. Bahkan kita bisa bermalam di desa menikmati suasana yang tenang.

Travelers juga bisa bermalam di rumah panggung yang berada di tengah sawah sambil menikmati suara jangkrik di malam hari.

Hal lain yang tak boleh dilewatkan yaitu menyantap kuliner khas Sunda di dapur yang ditata ala jadul, lengkap dengan pajangan perabotan zaman dulu seperti tungku, kayu bakar, dandang, dan teko-teko.

Di desa wisata di Garut kita juga dapat melakukan aktivitas seru lain bersama keluarga. Misalnya, memberi makan ikan di kolam, memberi makan ayam, panen sayuran, panen buah, atau juga belajar menanam padi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan Garut mempunyai kekayaan alam yang luar biasa dengan sumber air panas dan pegunungannya yang sangat instagrammable serta industri kreatifnya yang sangat eksis.

Sandiaga mengatakan ketiga potensi ini dapat dipadukan dalam desa wisata. Terlebih, Garut memiliki banyak desa yang berpotensi menjadi desa wisata.

"Di Garut ada sekitar 20 desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Indonesia memiliki 75 ribu desa dan saat ini ada 244 desa wisata yang sedang dikembangkan dalam suatu program yang terintegrasi," katanya.

Sandiaga menyebutkan Jawa Barat memiliki 11 desa wisata. Ia berharap di masa yang akan datang akan lebih banyak desa wisata yang berkembang di Garut.

Catatan redaksi:

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Bekti Yustiarti. Travelers memiliki pengalaman liburan di desa wisata lain yang mengesankan? Silakan kirim artikelnya melalui link ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA