Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Apr 2021 11:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cerita Budaya Lampung Ada di Rumah Ini

Alya Khairunnisa
d'Traveler
Rumah adat Jajar Intan
Rumah adat Jajar Intan
Gerbang masuk rumah Jajar Intan
Gerbang masuk rumah Jajar Intan
detikTravel Community -

Rumah adat Jajar Intan, terletak di Jalan Putri Balau, Kedamaian, Kecamatan Tanjung Karang Timur merupakan salah satu rumah adat yang terletak di Kota Bandar Lampung.

Rumah milik bapak Drs. A. Cholid I. Balaw ini kerap dijadikan sebagai lokasi acara adat/begawi adat Lampung. Di dalamnya terdapat beragam perabotan adat dan khas dari suku Lampung.

Selain itu, ada juga rumah adat Lamban Sai Ragah yang juga masih berada di kawasan Kedamaian. Rumah adat yang satu ini juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan terkait kebudayaan Lampung.

Kedua rumah adat di Lampung ini berpotensi untuk dijadikan sebagai daya tarik wisata budaya. Pemilik bisa mengadakan pameran untuk menunjukkan kepada khalayak umum mengenai perabotan khas Lampung yang berada di dalam rumahnya, atau dengan mempertunjukkan acara adat Lampung sebagai atraksi budaya kepada pengunjung yang tentunya akan melibatkan masyarakat sekitar untuk mempersiapkannya.

Dengan begitu, wisatawan dapat mendatangi langsung rumah panggung khas Lampung bahkan rumah adat khas Lampung yang ada di kota Bandar Lampung. Sebagai masyarakat Lampung, diharapkan agar selalu membudidayakan kebudayaan ini sampai kapanpun.

Karena dapat menjadi acuan sejarah sekaligus bagian dari budaya Lampung yang telah ada sejak dahulu.

---

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Alya Khairunnisa. Travelers juga bisa mengirim artikel cerita perjalanan yang menarik melalui link ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA