Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Des 2020 22:19 WIB

TRAVEL NEWS

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia serta Pengaruhnya

Puti Yasmin
detikTravel
celebration of  Indonesia Independence Day every 17 august
Foto: Getty Images/iStockphoto/rudi_suardi/Letak Astronomis dan Geografis Indonesia serta Pengaruhnya
Jakarta -

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dan bertetangga dengan Singapura, Malaysia, Timor Leste, hingga Papua Nugini. Nah, bagaimana letak astronomis dan geografis Indonesia sebenarnya?

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Sebab, luas Indonesia tercatat mencapai 1,9 juta km² dengan mayoritas luas adalah perairan.

Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Secara geografis, Indonesia berada di antara dua samudera dan dua benua, yakni Samudera Hindia dan Pasifik, serta Benua Asia dan Australia.

Kemudian, secara astronomis Indonesia berada di koordinat 95° sampai dengan 141° BT serta 6° LU sampai 11° LS. Terbukti, Indonesia memiliki iklim tropis.

  • Pengaruh Letak Geografis Terhadap Indonesia

Ada beberapa keuntungan Letak Geografis Indonesia, seperti di bawah ini

-Pertanian Subur

Indonesia berada di antara dua rangkaian pegunungan, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Akibatnya juga tanah di Indonesia tergolong subur dan membuat penduduknya kebanyakan bekerja di sektor pertanian.

-Letak Strategis

Indonesia menjadi tempat persinggahan lalu lintas perdagangan internasional karena letaknya yang strategis. Tak hanya udara, tetapi juga darat dan laut sehingga bisa menguntungkan di bidang ekonomi.

  • Dampak Letak Astronomis Indonesia

-Memiliki Dua musim

Letak astronomis Indonesia menyebabkan adanya dua musim, yakni kemarau dan hujan. Pasalnya, Indonesia berada di garis Khatulistiwa berbeda dengan negara lain yang memiliki empat musim, panas, gugur, dingin, dan semi.

-Tiga Kawasan Waktu

Indonesia terbagi menjadi tiga kawasan waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

-Aneka Ragam Flora dan Fauna

Pengaruh letak astronomis Indonesia juga membuat Indonesia memiliki berbagai macam flora dan fauna. Sebab, suhu udara, curah hujan, kelembaban rata-rata yang tinggi membuat beraneka macam hewan dan tumbuhan bisa hidup.



Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA