Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Nov 2020 16:23 WIB

TRAVEL NEWS

Letak Astronomis Malaysia dan Batas Wilayahnya Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
Ilustrasi Bendera Malaysia (AFP Photo)
Foto: AFP PHOTO/Letak Astronomis Malaysia dan Batas Wilayahnya Lengkap
Jakarta -

Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara, salah satunya Malaysia. Batas tersebut berada di pulau Kalimantan dengan Malaysia bagian Timur. Nah, seperti apa sih letak astronomis Malaysia?

Malaysia terdiri dari dua wilayah, yakni Malaysia bagian Barat dan Malaysia bagian Timur. Malaysia bagian Barat berada di Selatan Semenanjung Malaka. Sedangkan, Malaysia bagian Timur berada di Utara pulau Kalimantan.

Berikut letak astronomis Malaysia dan batas wilayahnya:

1. Letak Astronomis Malaysia

Letak astronomis negara Asean ini berada di 1°LU -7° LU dan 100° BT - 119 ° BT. Dikutip dari buku 'Geografi dan Sosiologi' karya Drs Sugiharyanto, luas wilayah Malaysia mencapai 332.556 km².

Dari luas wilayah tersebut, Malaysia terdiri dari 11 negara bagian di Malaysia Barat dan 2 negara bagian Malaysia Timur, yakni

Malaysia Bagian Barat

-Selangor
-Negeri Sembilan
-Johor
-Pahang
-Perak
-Kelantan
-Trengganu
-Kedah
-Perlis
-Malaka
-Penang

Malaysia Bagian Timur

-Sarawak
-Sabah

2. Batas Wilayah Malaysia

Secara letak geografis Malaysia dikelilingi oleh berbagai negara, adapun batas-batasnya sebagai berikut

Malaysia Barat

Utara: Thailand
Selatan: Singapura dan Indonesia
Timur: Laut China
Barat: Selat Malaka

Malaysia Timur

Utara: Brunei Darussalam dan Laut China Selatan
Selatan: Kalimantan (Indonesia)
Timur: Laut Sulu
Barat: Laut Natuna

3. Kondisi Iklim Malaysia

Berdasarkan letak astronomis Malaysia, negara ini memiliki iklim tropis dengan rata-rata curah hujan mencapai 2.260-2.800 mm/tahun. Adapun, suhu harian daerah pantai mencapai 21-32° celcius dan daerah pegunungan mencapai 12-25°celcius.

Musim hujan biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga Maret. Biasanya, angin musim Timur laut yang mengandung uap air melintasi Malaysia. Akibatnya, daerah Malaysia yang terbuka di Semenanjung Malaya Timur dan Serawat Selatan menerima tidak kurang dari 500 mm curah hujan dalam bulan Januari saja.

4. Keadaan Alam Malaysia

Sebagian besar Malaysia bagian Barat adalah barisan peunungan yang diapit oleh dua daratan pantai yang sempit. Pegunungan tengah terdiri dari beberapa barisan dengan puncaknya Gunung Tahan (2.190 m).

Ada juga daratan rendah di Malaysia, misalnya Dataran Kedah di Utara, Selangor di Barat, Johor di Selatan, Pahang di Timur, dan Kelantan di Timur Laut. Untuk sungai yang dimiliki, salah satunya adalah Pahang (450 km) dan Kelantan (248 km).

Malaysia bagian Timur memiliki keadaan alam yang terdiri dari pegunungan. Akibatnya, Daratan Sabah dan Serawak berada di ketinggian di atas 1.000 m. Adapun, contoh pegunungannya adalah Crocker (Tempayan) dengan puncaknya Gunung Kinabalu (4.101 m).

Tanah Tinggi di daerah ini juga terdiri dari lereng Barat pegunungan Kelingkang, Kapuas Atas, hingga pegunungan Iran di Kalimantan Tengah. Sementara itu, sungai di Malaysia bagian Timur antara lain, Kinabatangan (550 km) di Sabah, Rajang (550 km), dan sungai Baram (440 km) di Serawak.

Selamat belajar letak astronomis Malaysia!

(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA