Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Mei 2021 19:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Ndalem Kaneman, Tempat Wisata Jogja yang Jarang Diketahui

Putra Atama
d'Traveler
Gerbang Ndalem Kaneman
Gerbang Ndalem Kaneman
detikTravel Community -

Bicara tentang Yogyakarta, tentu sangat banyak hal yang dapat dibicarakan. Mulai dari indahnya Jl. Malioboro, Kuliner di Alun alun kidul, serta Keraton Yogyakarta. Namun ada satu tempat wisata yang harus masuk dalam daftar tujuan ketika berkunjung, yaitu Ndalem Kaneman.

Ndalem Kaneman berlokasi di Jl. Kadipaten Kidul No.44, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dulunya Ndalem Kaneman adalah tempat untuk pembantu khusus bagi putra mahkota.

Di masa pemerintahan Sri Sultan HB VI. Sekarang Ndalem Kaneman ditempati oleh dua putra GKR. Anom Adibrata, yaitu RM. Aryo Santigi dan RM. Bramanto Nurdewana.

Lalu atas izin dari pihak Keraton Yogyakarta, kedua putra ini memanfaatkan Ndalem Kaneman sebagai restoran dan tempat pelestarian budaya.

Yang unik dari restoran Ndalem Kaneman yaitu menu makanan yang disajikan adalah menu-menu kesukaan para raja-raja di Keraton Yogyakarta.

"Ada bir jawa, pisang keju dan manuk nom itu makanan-makanan kecil yang disukai para sultan," Kata Aris, selaku pengelola Ndalem Kaneman.

Kemudian terdapat juga pertunjukan seni budaya khas Kraton Yogyakarta yang ditampilkan di Ndalem Kaneman, di antaranya Tari Ramayana, Karawitan gaya Yogyakarta, dan lain-lain.

Tak hanya menonton saja, para pengunjung juga bisa sekaligus belajar menari serta memainkan alat musik seperti gamelan, gong, serta gendang yang berada di tengah-tengah pendopo.

Seperti yang kita ketahui bahwa Yogyakarta adalah salah satu kota besar yang memiliki kesenian serta kebudayaan yang tinggi. Maka sangat disayangkan bila kesenian dan kebudayaan yang telah ada ini harus punah.

Maka dari itu Aris selaku pengelola mengharapkan setelah para wisatawan berkunjung ke Ndalem Kaneman, mereka dapat memperkenalkan kesenian dan kebudayaan khas Keraton Yogyakarta ini di luar sana.

Disinggung mengenai pandemi, Aris mengatakan bahwa wisatawan yang ingin berkunjung ke Ndalem Kaneman harus menaati protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak.

Ndalem Kaneman juga telah melengkapi kesiapannya dalam menerima pengunjung di masa pandemi dengan melakukan cek suhu dengan thermogun serta menyediakan tempat khusus cuci tangan. Mari lestarikan kesenian dan kebudayaan khas Indonesia!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA