Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Mei 2021 17:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jika ke Bojonegoro, Cobalah ke Kebun Salak di Taman Maha Dewi

Choirul Anam
d'Traveler
Kebun salak di Taman Maha Dewi Bojonegoro.
Kebun salak di Taman Maha Dewi Bojonegoro.
Festival Salak Wedi.
Festival Salak Wedi.
Pohon salak dan buah yang lebat di Taman Maha Dewi Bojonegoro.
Pohon salak dan buah yang lebat di Taman Maha Dewi Bojonegoro.
detikTravel Community -

Bojonegoro secara umum memang bukan destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Namun, siapa sangka ada destinasi yang menarik di sana, yaitu Taman Maha Dewi.

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam desa di wilayah Bojonegoro dengan pemandangan yang indah, maka Taman Maha Dewi merupakan pilihan yang tepat. Wisata ini cukup berbeda dari beberapa wisata di Bojonegoro.

Kebanyakan wisata desa di Bojonegoro hanya menyajikan spot foto dan kuliner. Di Taman Maha Dewi, Anda bisa menikmati keindahan alam kebun salak di sekeliling taman yang luas, berbagai miniatur binatang, serta kolam renang dari sumber mata air asli.

Taman Maha Dewi terletak di tengah perkebunan salak yang luas. Alamat lengkapnya di Desa Padang Mentoyo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Bojonegoro ke arah Selatan.

Akses untuk mencapai lokasi tersebut cukup mudah. Pengunjung bisa menggunakan moda transportasi apa saja, baik roda dua maupun roda empat.

Taman Maha Dewi sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun rombongan. Jalan menuju lokasi sangat bagus dengan konstruksi cor beton yang baru selesai pengerjaan, sehingga nyaman untuk berkendara, baik dengan sepeda maupun motor.

Siang itu, kami sekeluarga ke Taman Maha Dewi ketika matahari sedang terik-teriknya. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan persawahan yang hijau dari tanaman padi yang baru berumur 14 hari dan kebun salak yang hijau daunnya dan warna kecoklatan dari buahnya yang cukup lebat.

Selama di sana kami sempatkan mencicipi buah salak khas Bojonegoro, meski teksturnya agak kasar namun rasa manisnya luar biasa. Selain bisa memetik buah salak langsung dari pohonnya, juga tersedia jajanan olahan dari bahan salak, seperti kripik, selai dan kurma salak di Taman Maha Dewi.

Selain kebun salak, pengunjung juga dapat menikmati beberapa wahana yang ada, seperti mandi bola, ayunan dan seluncuran yang cocok untuk anak-anak. Ada juga beberapa miniatur hewan di Taman Maha Dewi, seperti harimau, unta dan ular naga yang dapat menambah imajinasi anak sebagai wahana bermain dan belajar.

Yang menambah daya tarik Taman Maha Dewi yakni kolam renang dari sumber mata air asli. Sumber air tersebut berada di sebelah utara kolam, di timur panggung hiburan, di bawah pohon gayam yang konon airnya tidak pernah kering walaupun musim kemarau.

Pengunjung Taman Maha Dewi juga dapat beristirahat di gazebo yang dibangun sekeliling kolam renang. Di sebelah barat kolam renang terdapat dua kolam ikan, satu kolam berisi ikan nila, tombro dan koi yang berwarna warni, satu kolam lagi berisi ikan lele ukuran jumbo sebesar paha orang dewasa.

Pengunjung Taman Maha Dewi juga dapat memberi makan ikan-ikan tersebut dengan membeli pakan di sekitar lokasi tersebut. Lokasi taman ini cukup luas sekitar 5 hektar, dengan dilengkapi fasilitas aula pertemuan, musala, panggung hiburan serta penataan lahan parkir yang memadai menambah daftar tempat wisata yang direkomendasikan layak untuk dikunjungi jika berkunjung ke Bojonegoro.

Rencananya , pengelola Taman Maha Dewi akan diperluas lagi dan juga akan dikembangkan menjadi bumi perkemahan, taman beraneka macam tumbuhan dan bunga serta dilengkapi fasilitas outbond. Destinasi ini dibuka secara resmi oleh pemiliknya baru sekitar setahun yang lalu.

Loket karcis Taman Maha Dewi buka setiap hari. Pengunjung sangat ramai ketika musim liburan sekolah dan pada akhir pekan.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Maha Dewi ini tergolong cukup murah Rp 5.000 per orang dan untuk biaya parkir motor Rp 3.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA