Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jun 2021 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Segar-segar dari Kulon Progo, Air Terjun Kembang Soka

Irkhas Febri
d'Traveler
Air pada kolam pemandian berasal dari air terjun Kembang Soka.
Air pada kolam pemandian berasal dari air terjun Kembang Soka.
Spot kolam pemandian pertama di Air Terjun Kembang Soka.
Spot kolam pemandian pertama di Air Terjun Kembang Soka.
Air terjun Kembang Soka merupakan air yang berasal dari Sungai Mudal.
Air terjun Kembang Soka merupakan air yang berasal dari Sungai Mudal.
detikTravel Community -

Kulon Progo punya air terjun cantik, namanya Air Terjun Kembang Soka. Bisa nih untuk liburan saat weekend.

Libur weekend merupakan waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh setelah penat bekerja. Berjibaku dengan rutinitas yang padat dan berulang-ulang tentu terasa sangat membosankan.

Jika sudah seperti ini, kita perlu berlibur dan mencari suasana baru. Destinasi wisata alam yang sejuk dan menyegarkan tentu bisa menjadi salah satu jawaban. Udara segar jauh dari polusi kota, pepohonan yang rindang dan teduh, serta air terjun dan kolam pemandian dengan air sumber langsung dari pegunungan bisa kita dapatkan dalam satu destinasi.

Destinasi itu adalah Kembang Soka di Kulon Progo. Kulon Progo merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki destinasi air terjun dan pemandian terbaik. Kembang Soka adalah salah satu diantaranya.

Destinasi wisata ini bukan hanya dikenal karena panoramanya yang memukau, namun juga karena keasrian alamnya yang menyejukkan dan masih terjaga. Berada di lembah perbukitan Manoreh, Kembang Soka memiliki suasana khas perbukitan yang sangat sejuk dan syahdu.

Air Terjun dan Pemandian dengan Air Segar Khas Pegunungan

Untuk sampai ke lokasi air terjun dan pemandian, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 150 meter dari pintu masuk. Melewati jalan turunan dengan medan beton, pengunjung akan menjumpai pepohonan lebat yang sangat menyejukkan disepanjang turunan.

Dari sini, pengunjung akan tiba di kolam pemandian pertama yang tidak terlalu luas. Air kolam pertama ini berasal dari pancuran yang biasa disebut oleh pengelola sebagai pancuran Jaran. Kolam pertama ini hanya memiliki kedalaman sekitar 2 meter saja.

Turun lagi ke lembahan, pengunjung akan melewati jembatan kayu hingga tiba di lokasi air terjun dan kolam pemandian ke dua. Kolam ini memiliki ukuran lebih besar dari pada kolam pertama. Berasal dari sumber alami pegunungan, air di kola mini sangat dingin dan memiliki warna kebiruan.

Air ini berasal dari aliran air terjun Kembang Soka yang tepat berada diatasnya. Adapun aliran air terjun Kembang Soka berasal dari aliran sungai Mudal yang juga berada tepat di atasnya. Untuk kedalamannya, kolam kedua ini lebih dalam dari kolam pertama yaitu 2,5 meter.

Di kolam pemandian kedua ini, terdapat jembatan bambu yang menjadi area lompatan. Bagi pengunjung yang ingin memicu adrenalin, bisa mencoba lompat dengan gaya di area tersebut dan langsung berenang. Selain itu, Kembang Soka Juga menyediakan penyewaan pelampung bagi pengunjung yang tak bisa berenang sehingga tetap bisa main air tanpa khawatir tenggelam.

Sejuk dan Nyaman

Berada di area Perbukitan Manoreh, menjadikan suasana Kembang Soka sangat sejuk dan nyaman. Udara yang sejuk dan suara air terjun yang terdengar membuat pikiran rileks dan santai. Rindangnya pepohonan yang ada disekitar menutup sinar matahari dan membuat area pemandian makin syahdu.

Suasana alam ini tentu sangat mendamaikan bagi siapapun yang berkunjung. Dinikmati sambil menyesap kopi hangat dan bercanda bersama keluarga atau teman akan semakin menyenangkan.

Selain itu, Kembang Soka juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari toilet, mushola, warung makan, dan juga gazebo. Dengan fasilitas yang lengkap ini, tak heran jika Kembang Soka jadi salah satu tujuan liburan bersama keluarga ataupun teman-teman.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA