Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Jul 2021 16:18 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Tuz Golu, Danau Garam Terluas di Turki

Chardian Arguta
d'Traveler
Pose dengan latar Tuz Golu
Pose dengan latar Tuz Golu
Bulir garam tampak pada permukaan danau
Bulir garam tampak pada permukaan danau
Sign board flamingo
Sign board flamingo
Pose didepan prasasti Tuz Golu
Pose didepan prasasti Tuz Golu
Aneka souvenir berbahan garam
Aneka souvenir berbahan garam
Bulir garam dan air danau
Bulir garam dan air danau
Pose di tengah danau garam
Pose di tengah danau garam
Souvenir flamingo
Souvenir flamingo
Jalan yang membelah danau garam
Jalan yang membelah danau garam
detikTravel Community -

Traveler tahu? Turki memiliki Danau Garam yang begitu luas. Pesona alamnya begitu indah!

Meninggalkan kota Cappadocia sekitar pukul 10 pagi, kami melanjutkan perjalanan ke Ibu Kota Turki di Ankara. Setelah perjalanan ditempuh hampir 2 jam, mobil bus yang membawa rombongan kami berhenti di Rest Area Tuz Golu. Tuz Golu dalam Bahasa Turki artinya Danau Garam.

Turun dari mobil, kami diarahkan masuk ke sebuah bangunan gedung luas yang menjual pernak-pernik dan souvenir khas Turki. Terutama souvenir yang terbuat dari bahan garam.

Ada kosmetik, obat-obatan, aneka garam masak dan sabun mandi. Ramainya wisatawan dan ditambah dengan demo produk yang dijual menambah semarak toko di gedung rest area.

Di bagian belakang toko terdapat cafetaria yang menjual bermacam minuman yang dapat dinikmati sembari melihat danau garam yang sangat luas, seluas mata memandang. Merupakan danau garam terbesar ketiga di dunia dan terluas di Turki.

Terdapat beberapa tambang garam untuk memenuhi kebutuhan garam di Turki. Saat kami mengunjungi Tuz Golu pada Bulan Oktober 2020 lalu, danau dalam keadaan surut.

Tampak butiran-butiran seperti garam pada permukaan danau. Kami dapat berjalan jauh ke tengah danau untuk swa photo dan mengagumi alam yang indah ini.

Konon air di danau ini akan berwarna merah muda hingga merah tua, sayangnya kami tidak dapat menyaksikan air danau tersebut. Tuz Golu dinyatakan sebagai Kawasan yang dilindungi secara khusus pada Tahun 2001.

Kawasan ini merupakan rumah koloni bagi pengembangbiakan flamingo yang terbesar di dunia. Flamingo adalah spesies burung yang berkaki panjang dan hidup secara berkelompok.

Setiap tahun sekitar sepuluh ribu pasang flamingo berkembang biak di pulau lumpur di tengah danau. Tak berasa hampir empat jam kami berada di Tuz Golu dan mobil bersiap membawa kami untuk menjelajah Kota Ankara.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA