Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Jul 2021 17:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Pulau Harapan, Pesonanya Bak Surga Bawah Laut yang Tersembunyi

Lury Apriyanti
d'Traveler
Pulau Harapan yang indah dan tenang
Pulau Harapan yang indah dan tenang
Menuju momen Sunset
Menuju momen Sunset
Langit telah berubah dari jingga menjadi 100 corak merah jambu menjadi biru tua tua, dan di sini aku masih mencintaimu
Langit telah berubah dari jingga menjadi 100 corak merah jambu menjadi biru tua tua, dan di sini aku masih mencintaimu
Pantai yang luas itu sudah cukup membuatku berjalan jauh dan menemukan apa arti hidup yang sesungguhnya
Pantai yang luas itu sudah cukup membuatku berjalan jauh dan menemukan apa arti hidup yang sesungguhnya
detikTravel Community -

Status Pulau Harapan masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Status tanah di pulau dimiliki oleh Pemerintah Daerah dan tanah adat.

Pulau Harapan merupakan bagian dari wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Di Pulau Harapan ini banyak sekali paket wisata yang menawarkan untuk menjelajahi berbagai pulau di kepulauan seribu. Saya bertanya kepada beberapa warga setempat, jadi mengapa Pulau ini disebut Pulau Harapan? Sejarah di balik nama tersebut, ternyata pada jaman dahulu ada 2 saudara kembar yang berasal dari Sulawesi, lalu mereka terdampar di Kepulauan Seribu.

Namun kedua saudara kembar tersebut terpisah, yang satu di gugusan Pulau sebelah utara dan yang satunya lagi di sebelah selatan. Hari berganti hari hingga tahun, maka mereka berdua menikahi penduduk setempat dan mempunyai keturunan sampai sekarang.

Satu-satunya cara untuk menuju Pulau Harapan yaitu dengan menggunakan transportasi laut, dengan jarak tempuh sejauh kurang lebih berjarak 60 km dari Utara Ibukota DKI Jakarta dengan waktu tempuh 3-4 jam an.

Tiket Kapal Ferry Tradisional Kaliadem Muara Angke - Pulau Harapan 85 ribu / org Harga Tiket Motor 2 ribu. Harga Tiket Mobil 4 ribu Harga Tiket Bus / Truck 6 ribu.

Saya bersama teman saya melakukan perjalanan via Marina Ancol dan kami berlibur ke Pulau Harapan ini sebelum adanya Pandemi apalagi PPKM. Cuaca yang cerah serta tiang awan seolah merestui perjalanan kami.

Sukacita dan gelak tawa kami sangat riang, menikmati awan yang biru serta birunya air laut ini seakan memberikan suatu harapan akan kehidupan yang indah di hari-hari kami. Setelah kurang lebih hampir 2 jam perjalanan, akhirnya kami sampai dan berlabuh di Pulau harapan.

Wisatawan disambut dengan penjual dengan aneka ragam masakan dan makanan, jadi jangan khawatir akan lapar.

Kekayaan budaya dan sejarah membuat potensi wisata bahkan ekonomi sangat menjanjikan ditengah ekonomi yang kian resesi. Potensi sumber daya di wilayah pesisir nampaknya akan menjadi kekuatan ekonomi di Pulau Harapan ini.

Kami segera berjalan dari dermaga menuju ke Homestay kami untuk check in, Karena saya memakai paket tour private jadi guide kami mmenginformasikan agar kami makan siang lalu istirahat. Setelah itu, kami akan menikmati perjalanan keliling Pulau sekitar yaitu : Pulau Perak, Pulau Dolpin, dan Pulau Bulat

Setelah puas menikmati Pulau-pulau tersebut serta sunset yang tak akan terlupakan, maka kami segera kembali ke Pulau Harapan untuk istirahat. Malam harinya, kami menikmati suasana Pulau Harapan dengan Barbeque time.

Keesokan harinya, kami menjelajahi Pulau dan menikmati snorkeling di 2 sampai 3 spot. Kami benar-benar menikmati keindahan bawah laut sekitar Pulau Harapan ini.

Lautnya yang bersih, terumbu karangnya masih aktif berkembang, bukan merupakan coral mati / fosil. Jika berkunjung ke Pulau Harapan, kalian akan bebas menikmati pulau-pulau di sekitarnya karena beberapa memang tidak berpenghuni. Kelebihan lainnya yang dimiliki Pulau Harapan ini adalah banyaknya pilihan spot untuk menikmati panorama underwater nya, pesona sunset dan sunrise nya, memancing, wisata kuliner dan masih banyak hal lainnya. Jadi tunggu apalagi ? Masih meragukan Keindahan alam Indonesia kita tercinta?

Namun kini, traveler harus bersabar terlebih dahulu untuk menunda wisata karena sedang PPKM Darurat dan kasus Corona yang naik. Jadi terus terapkan protokol kesehatan ya traveler !

BERITA TERKAIT
BACA JUGA