Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Jul 2021 18:37 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Menjangan, Indahnya Melekat Sampai Ke Hati

Lury Apriyanti
d'Traveler
Kenangan antara kita di tengah lautan menuju Pulau Menjangan.
Kenangan antara kita di tengah lautan menuju Pulau Menjangan.
Bersama teman ke Pulau Menjangan.
Bersama teman ke Pulau Menjangan.
Snorkeling di laut Pulau Menjangan.
Snorkeling di laut Pulau Menjangan.
Lanskap Pulau Menjangan.
Lanskap Pulau Menjangan.
Gerbang di Pulau Menjangan.
Gerbang di Pulau Menjangan.
Lanskap pantai di Pulau Menjangan.
Lanskap pantai di Pulau Menjangan.
detikTravel Community -

Jika kalian berkunjung ke Banyuwangi yang terletak di Provinsi Jawa Timur, maka sempatkanlah mampir ke Pulau Menjangan. Pulau ini masih menjadi bagian dari TNBB (Taman Nasional Bali Barat) yang tidak ada penghuninya.

Menjangan artinya adalah kijang atau rusa. Sesuai dengan namanya yaitu Pulau Menjangan, maka pulau ini dihuni oleh banyak kijang atau rusa liar.

Bahkan tidak sedikit kawanan rusa liar tersebut berenang kurang lebih 19 kilometer. Meski begitu, semakin tahun populasi Rusa yang tinggal di pulau tersebut semakin menurun. Selain rusa, Pulau Menjangan ini juga terdapat burung jalak Bali.

Burung ini berada di daerah konservasi untuk dilindungi khususnya di wilayah Pulau Menjangan ini. Untuk berwisata ke Pulau Menjangan ini kalian bisa memakai jasa paket open trip maupun private Trip.

Saya bersama dengan teman-teman untuk berkunjung ke Pulau ini kami berangkat dari Sidoarjo tujuan Banyuwangi. Lalu setelah itu kami menyeberang lewat GWD (Grand Watu Dodol).

Pulau Menjangan ini banyak menyimpan potensi alam serta keanekaragaman hayati, maka pengunjung yang ke pulau ini hanya diperbolehkan untuk snorkeling dan diving dengan cara yang tidak merusak ekosistem yang ada di sana.

Keindahan spot diving dan snorkeling yang menawan di Pulau Menjangan ini tidak diragukan lagi karena memiliki aneka terumbu karang berwarna warni dengan habitat ikan-ikan kecil yang sangat lengkap.

Pulau Menjangan ini terkenal dengan wisata bawah lautnya yang menarik. Ada berbagai macam ikan-ikan lucu dan berbagai terumbu karang yang warna warni. Kalian yang belum pernah berkunjung ke pulau ini, segeralah berkunjung setelah PPKM berakhir.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk menyelam karena keunikan karang di Pulau Menjangan yang membentang hingga 10 km dengan kedalaman 20-60 meter.

Ada beberapa spot untuk menyelam di Pulau Menjangan di antaranya:

1. Eel Gardens

2. Secret Bay

3. Anchor Wreck

Untuk kalian yang ingin berwisata ke Pulau Menjangan, pastikan membawa baju ganti dan juga kamera underwater serta pastikan melengkapinya dengan baterai cadangan karena pemandangan bawah lautnya sayang untuk dilewatkan.

Selain itu jangan lupa untuk membawa tas kedap air untuk menjaga barang pribadimu tetap kering. Tentunya kita semua berharap serta berdoa bersama agar pandemi dan PPKM segera berlalu dan selalu dukung pariwisata Indonesia.

Terakhir, ketika kalian sudah berada di Pulau Menjangan ini maka kalian bisa mampir untuk melihat Pura Ganesha yang terletak di pinggir pulau ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA