Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Jul 2021 18:54 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Selain Gunung Mutis, Ada 3 Keindahan Lain di Fatumnasi Timor Tengah Selatan

Timor Raya
d'Traveler
Hutan Bonsai Fatumnasi
Hutan Bonsai Fatumnasi
Taman Gladiol
Taman Gladiol
Perbukitan Fatu Kolen
Perbukitan Fatu Kolen
detikTravel Community -

Potensi wisata di Fatumnasi, Timor Tengah Selatan bukan hanya Gunung Mutis, tapi masih ada lokasi lain yang patut di jelajahi. Apa saja?

Ada tiga lokasi yang juga menyimpan panorama alam yang sangat indah, yaitu hutan bonsai,taman bunga gladiol,perbukitan fatu kolen. Seperti apa keindahan tiga lokasi tersebut !

1. Hutan Bonsai

Hutan Bonsai dalam bahasa lokal disebut Akuna. Di kawasan ini terdapat barisan pohon bonsai yang tumbuh secara alami. Tingginya kurang lebih dari 2-5 meter dengan ciri khas akar dan batang berbonggol-bonggol besar dan berlekuk-lekuk, serta ditumbuhi aneka benalu seperti anggrek serta aneka lumutan.

Hutan ini sering juga dijuluki negeri dongeng, karena terdapat lorong bukit-bukit kecil berwarna merah keemasan. Selain itu keunikan pohon bonsainya yang ditumbuhi lumut berbentuk seperti berjenggot atau dalam bahasa lokal di sebut ampupu konof.

Untuk menuju kawasan hutan bonsai ini traveler bisa melalui jalur darat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dari kota kecil Kapan ibu kota Kecamatan Mollo Utara yang berjarak kurang lebih 7 kilo meter.

2. Taman Bunga Gladiol

Pada bulan Desember hingga bulan April, bunga dengan bahasa latin Gladius akan bermekaran di Taman Bunga Gladiol. Bunga tersebut tumbuh secara liar dengan beraneka warna yang mencolok.

Lokasi ini berdekatan dengan kawasan cagar alam mutis. Jadi tidak salah jika traveler berkunjung ke sana sambil melihat keindahan kawasan cagar alam mutis.

3. Perbukitan Fatu Kolen

Ketika datang langsung di perbukitan fatu kolen yang anda jumpai hamparan padang dengan rerumputan hijau ditambah perkampungan yang sepi.

Mungkin, lokasi ini sangat cocok melepas penat dan kebisingan kota. Jangan khawatir jika traveler tidak membawa bekal, karena dilokasi ini banyak masyarakat sekitar menjual beraneka jenis jajanan,buah serta umbi-umbian.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Timor Raya. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detik Travel di d'Travelers. Link-nya di sini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA