Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 14:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jalan-Jalan ke Kintamani Sambil WIsata Edukasi? Bisa!

Bekti Yustiarti
d'Traveler
A Bagian Depan Museum
A Bagian Depan Museum
Wisata edukasi
Wisata edukasi
C Belajar jenis bebatuan
C Belajar jenis bebatuan
Berkeliling museum
Berkeliling museum
Koleksi lengkap
Koleksi lengkap
detikTravel Community -

Sambil berlibur di Kintamani kita bisa mampir ke museum sekaligus belajar. Misalnya ke Museum Gunung Api Batur.

Wisata edukasi dapat menjadi pilihan untuk melengkapi kegiatan wisata yang menyenangkan. Apabila traveler sedang berada di Bali, tepatnya di daerah Kintamani cobalah mampir ke museum Gunung Api Batur yang terletak di Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Bali.

Di sana kita dapat belajar tentang keanekaragaman hayati, keanekaragaman geologi, dan keanekaragaman budaya. Museum yang dibangun di daerah ketinggian dan lokasi yang strategis ini memiliki koleksi yang lengkap dan menarik.

Bangunan museum ini sangat unik, mirip bentuk kerucut. Di lantai satu terdapat lobby dan kita akan langsung disambut petugas dengan ramah sambil memberikan penjelasan secara umum mengenai museum.

Usai mengisi buku tamu, traveler dapat berkeliling di lantai satu. Keanekaragaman geologi dipajang dengan apik dilengkapi keterangan nama bebatuan serta sejarahnya. Selain itu, terdapat miniatur Gunung Batur dan Danau Batur juga lho di lantai ini.

Koleksi keanekaragaman hayati dan budaya dapat dilihat di lantai dua. Hewan-hewan dan tanaman ciri khas Gunung Batur, dipajang dengan menarik. Budaya Bali yang sangat kental terlihat dari diorama yang menggambarkan kebudayaan masyarakat Bali.

Salah satu cerita budaya yang unik adalah kebiasaan masyarakat di Desa Trunyan yang meletakkan orang meninggal di bawah pohon trunyan. Museum ini juga dilengkapi auditorium untuk menonton film tentang letusan Gunung Batur, sayangnya, sejak pandemi tidak aktivitas menonton film di auditorium. Selamat berwisata edukasi dan tetap ikuti protokol kesehatan.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Bekti Yustiarti. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA