Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Okt 2021 09:01 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mau Wisata di Jogja, Jangan Lupa Pakai Aplikasi Ini

Retno Wardhana
d'Traveler
Wisatawan yang berkunjung ke Hutan Pinus Sari wajib scan QR PeduliLindungi
Wisatawan yang berkunjung ke Hutan Pinus Sari wajib scan QR PeduliLindungi
Icon Pinus Jogja di Kawasan wisata Pinus Sari
Icon Pinus Jogja di Kawasan wisata Pinus Sari
Suasana asri menjadi daya tarik wisatawan
Suasana asri menjadi daya tarik wisatawan
Tempat cuci tangan di Pinus Sari bagian dari strandar CHSE
Tempat cuci tangan di Pinus Sari bagian dari strandar CHSE
Menggunakan masker dan menunjukkan bukti reservasi di aplikasi Vistingjogja
Menggunakan masker dan menunjukkan bukti reservasi di aplikasi Vistingjogja
detikTravel Community -

Saat ini sudah banyak tempat wisata yang dibuka di Yogyakarta sesuai izin dari Kemenperekraf. Salah satunya adalah Pinus Sari di Mangunan Bantul, DI Yogyakarta.

Destinasi wisata ini lebih banyak menonjolkan suasana alam dengan hutan pinus menjadi andalannya. Kalau ke sini, jangan lupa untuk download aplikasi PeduliLindungi.

Dan khusus di DIY, harus punya aplikasi Visiting Jogja. Travelers sebaiknya download aplikasi itu sebelum masuk. Sebab, di sana susah untuk mendapatkan sinyal.

Hanya satu operator seluler yang sinyalnya kuat. Pinus Sari Mangunan Bantul, merupakan salah satu objek wisata yang mulai dibuka untuk wisatawan. Tempat wisata lain juga sudah mulai dibuka seperti Gembiraloka Zoo dan Tebing Breksi.

Selain itu empat destinasi lagi yang akan dibuka, yaitu Candi Ratu Boko dan Taman Wisata Merapi Park di Kabupaten Sleman, serta Pinus Pengger dan Seribu Batu di Kabupaten Bantul, Pinus Pengger dan Seribu Batu ini sangat dekat dengan Pinus Sari. Tidak ada yang berubah dengan Pinus Sari. Tempatnya tetap sejuk, dengan rindangnya pohon pinus.

Lokasi juga cukup bersih. Mungkin yang berubah, burung merpati yang tambah banyak. Perubahan lainnya adalah, penggunaan aplikasi Visitingjogja dan PeduliLindungi. Selasa (21/9) lalu, sebelum ke Pinus Sari, sempat pula naik hingga Puncak Becici. Tapi tempat wisata yang ada di daerah Mangunan tersebut masih tutup termasuk Pinus Asri dan hanya Pinus Sari yang buka.

Tarif di tempat wisata ini juga masih sama. Parkir mobil Rp 5.000, motor Rp3.000. Sementara tiket hanya Rp5.000. Menurut salah satu pengelola wisata Pinus Sari Mangunan, Anang Suhendri antusiasme wisatawan sudah mulai meningkat.

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi diharapkan bisa membantu masyarakat yang ingin berwisata dengan aman tanpa merasa was-was. Untuk sinyal, pihak pengelola berupaya melakukan kerja sama dengan operator seluler agar sinyal di tempat-tempat wisata tersebut semakin kuat sehingga pengunjung tidak terkendala ketika menggunakan aplikasi dengan operator apapun.

Untuk saat ini yang lancar memang baru yang menggunakan operator Telkomsel. Sejak dibuka sekitar seminggu lalu sudah banyak wisatawan yang datang ke Pinus Sari. Kebanyakan yang berkunjung dari wilayah Jogja dan sekitarnya. Saat berada di pintu masuk saya mengamati ternyata pengunjung sudah mulai familiar menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Terlihat mereka sudah lancar sehingga antrean pun berjalan lancar. Minggu (19/9) lalu, ada 2.700 lebih wisatawan yang berkunjung ke Pinus Sari. Waaahh ternyata banyak juga ya, travelers yang sudah sangat ingin berwisata.

Sementara sehari sebelumnya ada 1.356 wisatawan yang berkunjung. Saat ini untuk pengunjung dibatasi maksimal 1.900 pengunjung dari kapasitas 4.000 wisatawan dalam satu waktu yang sama.

Dengan aplikasi PeduliLindungi bisa dilihat berapa wisatawan yang masuk Pinus Sari. Jumlah wisatawan yang masuk dan keluar bisa dicek secara akurat.

Wisata di hutan Pinus menjadi pilihan saya untuk melepas penat, sekaligus mengobati kerinduan karena sudah 1,5 tahun tidak kemana-mana akibat pandemi.

Selalu ada harapan semoga berbagai upaya yang dilakukan pemerintah segera membuahkan hasil. Hingga saat ini DIY masih menjalani PPKM level 3, upaya pemerataan dan percepatan vaksinasi terus diusahakan.

Wisata alam Jogja di setiap kabupaten menjadi destinasi unggulan untuk para pelancong dan masyarakat lokal untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Dengan mulai dibukanya beberapa tempat wisata semoga ekonomi masyarakat yang mengandalkan pariwisata bisa mulai bangkit.

Pinus Pengger dan Seribu Batu juga sudah buka sehingga ketika kita wisata ke arah Bantul, ada tiga tempat yang bisa dikunjungi. Sudah bersiap mau liburan kemana? Jangan lupa download aplikasi PeduliLindungi dan Vistingjogja untuk kelancaran liburan anda di Jogja. Tetap taati aturan yang berlaku dan prokes ya. Semoga semua secepatnya pulih.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA