Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Okt 2021 17:53 WIB

TRAVEL NEWS

Dompet Sudah Tipis, Gunungkidul Usulkan 9 Wisata Pantai untuk Diuji Coba

Ilustrasi. Nelayan di Pantai Baron, Gunungkidul, sedang memperbaiki peralatan melaut.
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengajukan sembilan kawasan wisata untuk diuji coba pembukaan secara terbatas. Bahkan, Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul telah menyusun skema untuk mengantisipasi ledakan kunjungan wisatawan.

"Pemkab Gunungkidul sudah mengajukan sembilan kawasan wisata untuk uji coba terbatas. Untuk pengajuannya sudah sejak tanggal 8 Oktober," kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Hary Sukmono saat dihubungi wartawan, Jumat (15/10/2021).

Secara rinci, sembilan kawasan wisata itu adalah Pantai Baron sampai Pantai Seruni yang berjumlah 6 pantai. Keenam pantai itu seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sadranan, Pantai Poktunggal, Pantai Pulangsawal dan Pantai Ngandong.

"Selanjutnya Gua Pindul, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Kawasan Pantai Wediombo (3 Kawasan Pantai), Kalisuci Cavetubing, Bejiharjo Edupark, Gunung Gentong, Gunung Ireng dan Telaga Jonge," kata dia.

Selain itu, Dispar Gunungkidul telah memberikan pelatihan kepada pengelola wisata. Semua itu agar mereka bisa mempersiapkan diri di tengah persaingan global pasca pandemi COVID-19.

"Kita rutin memberikan pelatihan kepada pelaku wisata agar semakin berkembang. Karena, terkait ke depan pariwisata harus digitalisasikan," ujarnya.

Meski belum mengetahui kapan obwis di Gunungkidul mulai beroperasi kembali, Hary mengaku telah mempersiapkan skema untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan bermotor khususnya bus di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Antisipasi itu seperti menyediakan 3 titik screening menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Sebagai antisipasi agar tidak terjadi kemacetan di TPR, nantinya untuk bus pariwisata diimbau untuk melakukan scrining awal di kawasan tertentu. Kita sudah sediakan 3 titik," kata dia.

Adapun tiga lokasi tersebut adalah rest area Bunder di Kapanewon Playen, Terminal Dhagsinarga di Kapanewon Wonosari dan Terminal Semin di Kapanewon Semin. Nantinya, penumpang bus pariwisata bisa melakukan scan QR Code aplikasi PeduliLindungi di tiga titik.

"Dan setelah selesai bus akan diberi tanda diperbolehkan masuk kawasan wisata pantai. Selain itu, rencananya untuk bus Pariwisata akan diberlakukan hanya boleh melalui Pos Baron dan Pos JJLS," ujarnya.



Simak Video "Jogja yang Masih Sepi dari Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA