Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Nov 2021 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Pantai Tanjung Setia, Salah Satu Spot Surfing Terbaik di Dunia

Larisa Nabila
d'Traveler
Swafoto selepas surfing
Swafoto selepas surfing
Saat belajar mendayung ditengah gelombang air laut
Saat belajar mendayung ditengah gelombang air laut
Saat menerjangi ombak yang muncul sesaat
Saat menerjangi ombak yang muncul sesaat
Saat hendak menyeimbangkan badan untuk berdiri saat papan seluncur didorong ombak
Saat hendak menyeimbangkan badan untuk berdiri saat papan seluncur didorong ombak
detikTravel Community -

Jika kamu ingin liburan sambil memacu adrenalin dengan sensasi ombak, kamu bisa berkunjung ke Kawasan Pantai Pesisir Barat Lampung. Kawasan ini adalah salah satu spot favorit bagi para surfer kelas pemula hingga kelas dunia.

Bermuara langsung dengan Samudera Hindia, kawasan ini memiliki tujuh belas spot surfing yang memiliki gelombang ombak indah nan menakjubkan dengan ketinggian beragam. Buat kamu yang sudah handal surfing, kamu bisa mengunjungi Pantai Tanjung Setia yang mendapat nominasi Tempat Berselancar Favorit Anugerah Pesona Indonesia.

Bahkan, pantai ini menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi surfing kelas dunia bernama World Surfing Leaugue Krui Pro. Di sini kamu bisa surfing bersama ombak spektakuler dengan tinggi mencapai 6-7 meter dan panjang mencapai 200 meter, dilengkapi pemandangan indah pantai pasir putih dan laut biru yang jernih.

Kamu belum ada pengalaman surfing tapi ingin mencobanya? Kamu bisa pergi ke Pantai Labuan Jukung yang berlokasi tak jauh dari Pantai Tanjung Setia. Pantai ini memiliki ombak yang tak kalah menakjubkan dan ketinggian ombak rendah hanya setengah sampai tiga meter. Ini jadi surga buat kamu yang ingin belajar surfing.

Kamu bisa langsung mengunjungi Balai Komunitas Pesisir Barat Surfing Association (PBSA) dan bertemu Kak Firman sebagai senior PBSA yang akan memberikan sewa fasilitas surfing dan menjadi instruktur. Sebelum langsung terjun di tengah ombak, Kak Firman akan memandu kamu untuk melakukan pemanasan serta menjelaskan teknik dasar surfing.

Selanjutnya kamu akan diajari cara mendayung langsung ke tengah pantai. Ketika gelombang ombak hendak menghampiri, kamu diarahkan untuk bersiap membelakangi ombak dan berdiri dengan menjaga keseimbangan saat ombak mendorong kencang.

Tentunya tak mudah untuk bisa berdiri seimbang saat surfing, butuh latihan rutin minimal satu minggu untuk bisa melakukannya. Walaupun begitu, pengalaman ini akan sangat berkesan bagi kamu terutama saat mampu melawan rasa takut dihantam ombak dengan tinggi di atas kepala apalagi sampai berhasil menjaga keseimbangan saat berdiri di papan seluncur.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, disarankan untuk datang sebelum pukul tiga sore dan memiliki nyali agar tidak panik saat terseret ombak sehingga tidak membahayakan keselamatan.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Larisa Nabila. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA