Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Nov 2021 17:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Kue Balok dengan View Perbukitan Bandung

Mohamad Haekal
d'Traveler
Foto tampak depan warung kue balok enak
Foto tampak depan warung kue balok enak
view perbukitan di belakang warung kue balok enak
view perbukitan di belakang warung kue balok enak
Crosser yang melintas
Crosser yang melintas
Kue balok yang sedang di buat
Kue balok yang sedang di buat
detikTravel Community -

Siapa yang suka dengan cemilan manis? tentu saja cemilan manis sangat disukai banyak orang di luar sana. Cemilan enak ini seringkali ditemani secangkir teh hangat atau kopi.

Bandung salah satu kota yang terkenal dan tersohor memiliki kuliner yang enak dan lezat, salah satu nya adalah kue balok. Kue balok merupakan sebuah cemilan yang cocok disajikan ketika pagi dan sore hari, dan ditemani oleh kerabat dengan mengobrol.

Kue balok yang berbahan baku tepung terigu, telur, vanili, dan baking soda ini sangat banyak dijumpai di penjuru kota bandung, karena kue ini merupakan cemilan yang sering dimakan oleh masyarakat bandung ketika pagi hari. Kue ini sudah ada sejak zaman kolonial belanda yang dimasak dengan metode tradisional dan selalu memiliki aroma khas.

Namun terdapat sebuah warung yang menyajikan kue balok hangat dan menawarkan pemandangan yang indah, tempat ini tersembunyi dan mungkin sedikit orang tahu. Nama warung tersebut adalah warung kue balok enak, warung ini berada di tengah hutan kota Bandung.

Nah, hutan tersebut adalah area perhutanan jenis kina yang berada di wilayah Palintang. Warung ini sedikit orang tahu karena akses yang cukup jauh dari pusat kota bandung, warung ini berada di tengah wilayah.

Kue balok enak Warung ini berada di kawasan yang bernama Palintang, jalur yang berada di tengah antara jalan tembus menuju lembang dan jalan tembus menuju kota bandung (Ujung berung). Palintang ini merupakan kawasan yang di kelilingi oleh kebun kina, dan memiliki kontur jalan yang kurang merata.

Ada yang sudah menggunakan beton, dan ada yang masih jalan berbatu. Kawasan ini biasa dilewati oleh para crosser atau offroader, dan juga pesepeda yang menyukai trek menanjak dan mencari udara yang sejuk.

Selanjutnya, harga dan rute menuju warung Kue Balok Enak

Untuk harga dari kue balok disini cukup terjangkau, yaitu Rp. 3.000 untuk 1 pcs. Rasa yang ditawarkan pun cukup beragam dan variatif.

Minuman disini pun beragam, mulai dari kopi hingga teh sereh lemon yang bisa menghangatkan badan. Selain mengemil dan minum, masyarakat bisa menikmati pemandangan perbukitan dan pedesaan yang masih menggunakan rumah panggung.

Jalur yang bisa dilalui masyarakat untuk menuju warung ini ada dua, yaitu via Lembang dan via Ujung Berung. Berikut penjelasan 2 rute tersebut:

1. Via Lembang

Jalan yang diambil adalah pergi menuju lembang dan kemudian arahkan ke Cibodas Maribaya, lalu ketika sudah di Cibodas Maribaya jalan terus hingga melewati Maribaya hotspring. Nanti traveler akan sampai di jalan berbatu yang artinya sudah dekat dengan Palintang.

Melewati hutan kina ke arah Ujung Berung, traveler bisa menanyakan arah bila bingung ketika sampai di jalur masuk Maribaya menuju Palintang. Traveler akan langsung terlihat spanduk warung kue balok enak ketika sampai di persimpangan.

2. Via Ujung Berung

Jalan yang diambil adalah menuju alun alun Ujung Berung, dan menuju belakang alun alun. Terus naik ke atas hingga melewati Warlos (warung bolos).

Traveler bisa menggunakan GPS yang terpasang di smartphone dengan tujuan Warlos. Ketika sudah sampai di Warlos, berhenti menggunakan GPS. Lanjutkan terus ke atas, karena untuk sampai ke warung kue balok ini sangatlah mudah, yaitu berupa jalan lurus dengan beberapa tanjakan yang menukik. Kamu dapat langsung melihat warung kue balok, karena jalur Ujung Berunglah yang langsung menghadap jalan.

Tertarik untuk datang ke warung Kue Balok Enak?

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Mohammad Haekal. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA