Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Feb 2022 10:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Curug Emas Bogor, Curug Indah nan Sepi yang Cocok Buat Healing

gema bayu
d'Traveler
Ukuran Curug Emas yang relatif sedang dan kolamnya yang cetek
Ukuran Curug Emas yang relatif sedang dan kolamnya yang cetek
Setelah treking melewati turunan dan tanjakan bakal disambut indahnya hutan pinus yang rindang
Setelah treking melewati turunan dan tanjakan bakal disambut indahnya hutan pinus yang rindang
Banyaknya plang saat perjalanan ke curug
Banyaknya plang saat perjalanan ke curug
Pintu masuk kawasan wisata
Pintu masuk kawasan wisata
Plang petunjuk ke kiri ke Curug Emas
Plang petunjuk ke kiri ke Curug Emas
detikTravel Community -

Tak seperti kebanyakan curug pada umumnya, Curug Emas Bogor terbilang sepi pengunjung. Tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin menikmati alam dengan tenang.

Curug Emas berada di Ciasmara,Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, lokasinya bisa dilihat di maps dengan mengetik Curug Mas atau Curug Emas Pinang Gading. Perbedaan lokasi ini dikarenakan banyaknya jalur menuju Curug Emas, namun jalur Curug Mas menurut penduduk treknya lebih jauh.

Kalau trek Curug Mas, awal perjalanan langsung disambut dengan turunan dan tanjakan yang cukup curam, setelah kurang lebih 40 menit baru menemui hutan pinus. Saat sampai di hutan pinus, traveler bisa menemui beberapa tenda orang yang sedang camping, warung penduduk yang tutup dan spot foto yang terbuat dari bambu dan kayu.

Hutan pinus yang rindang dan adem ini cocok jadi tempat peristirahatan atau sekadar foto-foto, setelah itu, untuk menuju Curug Emas kita harus melewati turunan yang memakan waktu kurang lebih 40 menit. Treknya sangat mengesankan karena harus melewati hutan yang lebat namun tetap jalurnya terlihat jelas.

Setelah berjalan puluhan menit, ada plang petunjuk, kalau ke kiri ke Curug Emas dan kalau ke kanan ke Curug Tebing/ Curug Hordeng, jarak Curug Tebing/Curug Hordeng lebih jauh. Walau curug ini terbilang sepi pengunjung, plang penunjuk arah sepanjang jalan terbilang banyak jadi enggak usah takut tersesat.

Penampakan Curug Emas sangatlah indah apalagi dinikmati dengan keadaan yang relatif sepi dan tenang. Ukuran Curug Emas terbilang lumayan besar dan cetek. Ada kolam buatan di dekat curug dengan kedalaman seukuran orang dewasa. Ada ruang ganti baju dan saung.

Secara keseluruhan, Curug Emas ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang suka trekking dengan jalan yang cukup menantang dan ingin menikmati alam dengan tenang. Tentunya hal ini membuat Curug Emas cukup jauh dari Kota Bogor, yaitu sekitar 1 jam 40 menit.

Untuk mencapai curug ini bisa ke arah Dramaga Bogor, lalu ke Jalan Raya Cibungbulang, belok kiri ke Jalan Kapten Dasuki Bakri dan seterusnya. Apabila sudah mulai mendekati curug biasanya melewati pedesaan dan terdapat beberapa plang petunjuk.

Untuk harga masuk Curug Emas adalah sebesar Rp 15.000 dan apabila ke Curug Tebing ditambah Rp. 20.000, parkir motor Rp 5.000 dan ditambah masuk kawasan wisata sebesar Rp 20.000.

Berikut tips ke Curug Emas untuk traveler:

1. Pergi lebih pagi, karena waktu perjalanan dan treking cukup menghabiskan waktu
2. Membawa makanan dan minuman sendiri karena di sana tidak ada yang jualan makanan, adapun warung di hutan pinus belum tentu buka dan masih jauh lagi menuju curugnya
3. Bawa jas hujan dan baju hangat
4. Selalu lihat plang petunjuk arah, karena curug ini terbilang sepi
5. Siapkan fisik, obat-obatan dan peralatan pendukung lainnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA