Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Mar 2022 10:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Puncak Becici, Keindahan Tersembunyi di Gunungkidul

meuti bulan
d'Traveler
Jurang Tambelan
Jurang Tambelan
Puncak Pinus Becici, lokasi persewaan jeep
Puncak Pinus Becici, lokasi persewaan jeep
River Adventure
River Adventure
Puncak Becici
Puncak Becici
Bukit Lintang Sewu
Bukit Lintang Sewu
Wedang Uwuh
Wedang Uwuh
detikTravel Community -

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak wisata dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Secara geografis gunung kidul Memiliki luas sekitar 1485 Km2, dengan topografi wilayah yang didominasi dengan daerah kawasan perbukitan karst. Saat ini, banyak dari kawasan Gunungkidul yang dijadikan tempat wisata, antara lain Goa Pindul, Bukit Bintang, Pantai Baron, Heha Sky View, Heha Beach View, Kebun Bunga Amarilis, dan beberapa lainnya.

Rupanya, selain tempat-tempat tersebut masih ada beberapa tempat tersembunyi yang menawarkan petualangan seru. Saya cukup beruntung, sebab, berkesempatan untuk mengujunginya. Ialah Puncak Pinus Becici, atau Puncak Becici yang merupakan objek wisata bergaya alam andalan kabupaten Bantul, DIY.

Lokasi wisata ini terletak di desa Muntuk, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Sesuai namanya, kawasan ini merupakan kawasan hutan pinus, yang terletak di atas bukit.

Menuju Becici tidaklah sulit, sebab, sudah banyak angkutan menuju ke sana, meskipandemi, rupanya animo masyarakat untuk berlibur masih tetap tinggi, terbukti selama perjalanan menuju Becici, kendaraan yang saya tumpangi banyak berpapasan dengan bus pariwisata yang berasal dari luar kota Yogyakarta.

akarta.

Hanya sayangnya, meski jalan sudah diaspal, namun ukuran jalan tidak cukup lebar, dan berkelok, alhasil seringkali pengendara harus mengalah. Begitu tiba di Becici, mata saya sudah dimanjakan oleh indahnya deretan pohon pinus dan sejuknya udara disana, kelelahan dalam perjalanan saat itu seolah terbayar lunas dengan semua keindahan alam tersebut.

Selain itu, di depan pintu masuk puncak Becici sudah banyak penjual yang menawarkan dagangannya di kios-kios mereka. Bahkan sebelum memasuki lokasi tepatnya di loket masuk kendaraan, mata saya tertuju pada pedagang yang menjual cumi bakar, salah satu menu favorit saya.

Meski tak seramai Heha Sky, namun kawasan Hutan Pinus Becici juga banyak dikunjungi wisatawan, terbukti ada beberapa bus pariwisata yang keluar dan masuk kawasan tersebut. Puncak Becici sendiri merupakan kawasan wisata alam yang terdiri dari beberapa lokasi wisata, antara lain Kebun Buah Mangunan, Jurang Tambelan, wisata Seribu Batu Songgo langit, Puncak Pinus Becici dan beberapa tempat lainnya.

Hal pertama yang saya lakukan disana adalah menyewa Jeep yang dikelola oleh pemuda daerah tersebut, dengan harga sekitar 250.000-500.000, saya sudah bisa menyewa sebuah Jeep lengkap dengan sopir, yang sekaligus sebagai pemandu. Selain itu penyewa sudah bisa mengelilingi kawasan wisata Hutan Pinus Becici.

Sengaja saya memilih menyewa jeep seharga Rp 450.000, sebab, saya memperoleh tambahan trip yaitu river adventure dan mengelilingi desa. Perhentian pertama adalah di Jurang Tambelan, dimana tempat tersebut menawarkan keindahan pemandangan Gunungkidul, setidaknya bagi yang hobi berfoto, tempat tersebut menawarkan spot-spot foto yang menarik dan indah.

Di sana, juga tersedia oleh-oleh minuman khas daerah Gunungkidul, Bantul yaitu wedang uwuh, dengan harga 20.000 rupiah/kotak kita sudah bisa membawa pulang minuman herbal tersebut. Tersedia juga gula batu dengan kualitas yang bagus, sayangnya, saat itu saya tidak tertarik untuk membelinya,dan hanya membeli wedang uwuh saja.

Puas berfoto ria di jurang Tambelan, saya kembali diajak berpetualang menuju ke lokasi selanjutnya yaitu, Bukit Lintang Sewu, di sana saya disambut oleh bapak atau ibu berusia lanjut usia yang menyanyikan lagu dalam bahasa Jawa, dengan iringan alat musik dari lesung dan alu.

Selanjutnya, spot foto yang memanjakan mata

Selanjutnya adalah mengunjungi spot foto yang menarik dan memanjakan mata saya, seperti biasa, berselfie ria menjadi menyenangkan sebab memiliki latar pemandangan indah. Trip terakhir adalah river adventure dan mengelilingi desa, beberapa kali adrenalin saya naik, karena diajak berpetualang memasuki sungai dengan menggunakan jeep.

Memang sungai yang dilewati tidak dalam, namun bebatuan cadas di sana membuat jeep berguncang kencang beberapa kali. Petualangan di atas sungai tersebut berlangsung selama sekitar 20 menit. Selama itu, beberapa kali teriakan saya terdengar cukup nyaring.

Bagi saya, trip ini adalah yang paling menarik dan menyenangkan, selepas dari river adventure, saya kembali diajak melakukan trip terakhir yaitu berkeliling desa, suasana asri desa dengan jalanan yang naik turun, serta hamparan sawah, membuat mata saya benar-benar dimanjakan.

Kesenangan itu pun ditutup dengan kembali ke lokasi awal, yaitu Puncak Pinus Becici. Bagi saya, Becici adalah salah satu lokasi wisata alam terbaik yang dimiliki oleh Gunungkidul, harganya pun terjangkau, sebab jika tidak ingin berpetualang dengan jeep, kita masih bisa menikmati keindahan alamnya, dengan menikmati hutan pinus dengan semua kesegaran udaranya,murah, tenang, bisa membuat hati menjadi damai dan itu tidak membutuhkan biaya mahal.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Meuti Bulan. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA