Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Feb 2013 09:48 WIB

DESTINATIONS

Keliling Kuala Lumpur, Mampir Dulu ke KL City Gallery Lah!

detikTravel
Gedung KL City Gallery di Jalan Dataran Merdeka (Marwan/detikTravel)
Kuala Lumpur - Mau tahu sejarah perkembangan Kota Kuala Lumpur, hingga bisa jadi seperti sekarang? Saat traveling ke ibukota Malaysia ini, kunjungi saja Kuala Lumpur City Gallery yang berlokasi di Jl Dataran Merdeka.

Hari kedua di Kuala Lumpur, Minggu (27/1/2013) para pemenang Gowes Keliling Malaysia diajak mampir ke KL City Gallery. Ini merupakan museum sekaligus pusat informasi mengenai sejarah Kota Kuala Lumpur dari zaman dahulu, serta perkembangannya hingga sekarang.

Di dalam sini dipajang foto-foto Kuala Lumpur saat masih dalam jajahan Inggris, serta beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di kota ini. Misalnya, peristiwa musibah banjir yang pernah melanda Kuala Lumpur tahun 1970-an.

Di lantai 2, kami beserta turis lain diajak masuk ke dalam ruangan. Di ruangan gelap tersebut terdapat maket besar Kota Kuala Lumpur. Selama sekitar 2 menit, bangunan-bangunan mini di maket tersebut menyala kerlap-kerlip. Di sebuah layar besar, muncul video presentasi dari seorang pemandu yang menjelaskan tentang wisata di Kuala Lumpur. Keren!

Setelah itu kami diajak menuju ruangan tempat pembuatan suvenir, berupa miniatur bangunan-bangunan ikonik di Kuala Lumpur. Suvenir itu terbuat dari kayu yang bahannya diimpor dari luar Malaysia.

Kami menyaksikan proses para pekerja menempelkan potongan kayu hingga jadi miniatur bangunan. Ada yang pakai tangan, ada pula yang pakai mesin. Pengunjung juga bisa langsung membeli miniatur atau suvenir tersebut di KL City Gallery.

KL City Gallery berlokasi di Jl Dataran Merdeka yang merupakan lokasi bersejarah bagi warga Malaysia. Di dekat sana terdapat bangunan-bangunan tua berarsitektur keren! Misalnya, Bangunan Sultan Abdul Samad yang sekarang menjadi Kementerian Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia. Belum lagi cantiknya gedung Museum Tekstil Malaysia.

Tak jauh dari sana, terdapat Lapangan Merdeka yang biasa jadi tempat upacara Hari Kemerdekaan Malaysia. Di lapangan ini terdapat tiang bendera tertinggi di dunia, sekitar 97 meter! Setiap malam, lapangan ini jadi tempat 'gaul' dan bersantainya warga Kuala Lumpur. Bagi pecinta fotografi, lokasi ini sangat pas untuk diabadikan dalam kamera!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA