Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Apr 2013 16:47 WIB

DESTINATIONS

Fakta-fakta Menarik Jakarta yang Mungkin Belum Anda Tahu

Desi Puspasari
detikTravel
Gereja Katedral yang megah dan bersejarah (Afif Farhan/detikTravel)
Gereja Katedral yang megah dan bersejarah (Afif Farhan/detikTravel)
Jakarta - Jakarta sudah terkenal sebagai kota super sibuk dan padat. Tunggu dulu, tidak sebatas mal dan taman hiburan, masih ada fakta-fakta lain seputar wisata Jakarta yang mungkin Anda belum tahu. Yuk, keliling Jakarta saat akhir pekan!

Macet, panas, ramai, dan super sibuk, itulah gambaran banyak orang mengenai Ibukota Indonesia ini. Faktanya, masih ada tempat yang berbeda yang mungkin Anda belum tahu ada di Jakarta. detikTravel Jumat, (5/4/2013) mengumpulkan 5 tempat asyik, kunjungilah dalam akhir pekan ini:

1. Jakarta masih punya hutan

Mungkin tidak ada yang menyangka kalau di wilayah Jakarta yang begitu padat dan penuh dengan bangunan, masih ada hutan-hutan kota yang menyejukan. Bahkan traveler yang merasa sumpek tapi tak punya waktu liburan, bisa menghirup udara segar dan bersih di hutan ini.

Ada Hutan Muara Angke yang berlokasi di pesisir utara Jakarta, Hutan Srengseng di Jl Srengseng Raya, Jakarta Barat, dan Hutan Kota Tebet di Jakarta Selatan. Selain didominasi oleh pepohonan hijau nan rindang, traveler juga bisa melakukan aktivitas lainnya.

Contohnya di Hutan Muara Angke, pelancong bisa menikmati suasana hijau dengan berjalan di atas jembatan kayu sepanjang 843 meter dan ketinggian sekitar 20 meter. Pelancong juga bisa melihat monyet-monyet liar. Beda lagi dengan Hutan Srengseng yang punya pulau kecil buatan nan hijau di tengah danau hutan.

Kalau biasanya kawasan Tebet ramai dengan anak muda, di Hutan Kota Tebet traveler justru bisa merasakan ketenangan. Hutan kota ini ditumbuhi dengan pepohonan besar dan rindang. Terlebih di dalam hutan ini juga terdapat jalur lansia. Jadi, Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk tamasya di hutan kota ini.

2. Ada tempat ala luar negeri di Jakarta

Tidak usah pusing memaksakan diri untuk berlibur ke luar negeri. Di Jakarta juga ada destinasi mirip dengan yang ada di luar negeri. Siapa yang tahu kalau Kantor Kementerian Pertanian di Jl Harsono RM No3, Ragunan, Jaksel, punya bangunan mirip Museum Louvre di Paris, Prancis.

Bentuknya sangat mirip dan sama-sama terbentuk dari kaca. Untuk bisa masuk ke dalam, pelancong terlebih dulu harus menyeberangi jembatan. Bangunan ini juga dikelilingi dengan kolam dan taman yang cukup luas. Ada juga Gereja Katedral yang juga merupakan peninggalan Belanda. Arsitekturnya yang khas akan membuat Anda merasa berada di Eropa.

Gereja Katedral mempunyai nama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming. Selain jemaat, untuk bisa masuk ke dalam gereja ini Anda harus terlebih dulu membuat perjanjian beberapa minggu sebelum kunjungan ke petugas. Puas keliling-keliling, pelancong bisa makan dengan suasana ala kolonial Belanda.

Makan di Cafe Batavia di Jakarta Barat, bisa membuat pelancong merasakan suasana romantis ala Belanda. Sesuai dengan suasananya yang sudah sulit ditemukan, harga makanan di Cafe Batavia cukup mahal.

3. Jakarta masih punya tempat sunyi sepi

Bosan dengan hiruk-pikuk Jakarta, coba pergi ke bagian utara wilayah ini. Di sana traveler bisa berlibur ke Kepulauan Seribu. Ada banyak pulau yang bisa traveler kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Suasananya pun jauh dari perkotaan yang dipenuhi gedung-gedung bertingkat.

Salah satu pulaunya yang masih sepi adalah Pulau Pari. Sejauh mata memandang, wisatawan bisa meihat pantai dengan laut yang masih bersih. Bentang Pulau Pari dihiasi dengan pasir putih. Banyak yang bisa Anda lakukan di pulau ini, mulai dari bersepeda keliling pulau, berjemur sampai berkemah di tepi pantai ini bebas. Selain itu, masih ada pulau lainnya yakni Pulau Harapan, Pulau Semak Daun, Pulau Perak, dan maasih banyak lainnya.

4. Jakarta punya dunia bawah laut yang keren

Mau menyelam dan melihat dunia bawah laut, Jakarta juga punya tempatnya yang bagus di Kepulauan Seribu. Keindahan interior alam bawah lautnya bisa buat wisatawan betah dan jatuh cinta. Sebut saja Pulau Pari yang butuh 2 jam pejalanan dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan di Muara Angke untuk sampai di sana.

Lebih jauh ke barat laut, ada Pulau Tidung. Pengunjung bisa menikmati alam bawah laut yang tidak begitu dalam. Airnya yang bersih memudahkan traveler melihat ke dalam laut. Selain itu, di dekat Pulau Pramuka, ada juga Pulau Semak Daun dan Pulau Air.

Belum selesai, di kawasan Kelurahan Pulau Kelapa cobalah menyelam di Pulau Harapan. Ada pulau-pulau lainnya yang punya keindahan bawah laut super cantik, yaitu Pulau Bira dan Pulau Macan. Jadi, Siapkan perlengkapan menyelam dan nikmati panorama terumbu karang, anemon dan ikan-ikan lucu.

5. Tempat keren dan gratis, ada juga di Jakarta

Jangan selalu mengandalkan uang saat traveling. Nah, Jakarta punya tempat keren dan bisa dikunjungi secara cuma-cuma. Bahkan, Anda juga bisa berburu foto. Coba awali perjalanan Anda ke Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta Utara.

Atau, bisa juga bersantai dan bermain di taman-taman Kota Jakarta yang cantik. Ada Taman Menteng di Jl HOS Cokroaminoto, Taman Amir Hamzah di Jl Matraman Dalam II, Taman Situ Lembang di Jl Lembang, dan Taman Suropati di Jl Diponegoro. Keempat taman ini terdapat di bilangan Jakarta Pusat. Masih kurang? Di Jakarta Selatan ada Taman Tanjung di Jl TB Simatupang, Taman Ayodya dan di Jakarta Barat ada taman kota yang tersembunyi, Taman Kota Tomang.

Ada juga museum keren yang gratis, Art Mon Decor di Jl Rajawali Selatan Raya No 3, Jakarta Pusat. Dari bagian luar museum ini, wisatawan akan dihadapkan dengan bangunan modern khas perkotaan. Seluruh lantai gedung ini, diisi dengan karya-karya seniman yang sudah kawakan. Setiap 3 bulan sekali, museum ini pun akan berganti tema.



(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED