Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Mei 2013 12:11 WIB

DESTINATIONS

Tempat Snorkeling & Diving Paling Top di Kep Seribu

Afif Farhan
detikTravel
Asyiknya menyelam di Pulau Pari (Ozzy/dTraveler)
Asyiknya menyelam di Pulau Pari (Ozzy/dTraveler)
Kepulauan Seribu - Kegiatan favorit wisatawan di Kepulauan Seribu, tentu saja snorkeling dan diving. Dari sekian banyak spot-spot snorkeling dan diving di sana, rupanya ada beberapa tempat yang paling top dan terkenal.

Kepulauan Seribu punya dunia bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang yang beraneka ragam dan ikan-ikan laut yang terlihat menggemaskan, dapat Anda lihat dengan mudah di beberapa spot diving dan snorkeling di Kepulauan Seribu.

"Yang letaknya tidak jauh dan biayanya tidak terlalu mahal, itu di Bintang Rama di Pulau Pari," kata Alexander Nugraha dari Cemara Adventure, Rabu (15/5/2013).

Alex menuturkan, Bintang Rama memiliki kedalaman 6-10 meter dan aman bagi wisatawan yang baru mencoba snorkeling atau diving. Mau diving atau snorkeling bisa dilakukan di sana. Dengan snorkeling saja, wisatawan bisa melihat pemandangan indah.

"Ada lagi di dekat Pulau Pramuka, Terusan Penyu namanya. Sama seperti Bintang Rama, kedalamannya hanya 6-10 meter dan punya bawah laut yang bagus," ujar Alex menambahkan.

Saat snorkeling, baiknya Anda membawa roti. Saat di dalam air, ikan-ikan laut akan datang kepada Anda dan memakan remahan rotinya. Ikannya pun ada banyak dan sangat menggemaskan!

"Ikan-ikan lautnya kayak ikan hias gitu, dikasih remah-remah roti pasti langsung datang," ungkap Alex.

Masih belum puas? Coba jelajahi Semak Daun. Di sana ada banyak titik menyelam di sekitar pulaunya. Selain itu, kedalaman bawah laut untuk diving di Semak Daun pun cukup dalam!

"Kedalaman di Semak Daun mencapai 10 meter. Di sana terumbu karangnya lebar-lebar," kata Alex.

Untuk titik diving yang paling dalam, ada di Petondan Timur di dekat Pulau Papateo. Kedalamannya mencapai 30 meter dan sangat disarankan bagi Anda yang baru bisa menyelam.

"Kata teman-teman saya, di sana paling bagus bawah lautnya. Tapi ombaknya sangat besar dan kalau pemula tidak disarankan karena arusnya kuat. Anda harus bisa melawan arus di sana," tegas Alex.

Beberapa pulau lainnya yang top dan terkenal di Kepulauan Seribu adalah Pulau Sepa, Pulau Matahari, dan Pulau Kotok. Pulau-pulau tersebut punya keindahan bawah laut yang bakal Anda bikin lupa daratan.

"Di Pulau Payung dekat Pulau Tidung juga bagus-bagus terumbu karangnya. Sayang, sudah banyak yang pecah karena jangkar kapal. Tapi, masih bagus pemandangannya kalau Anda datang ke sini," papar Alex.

Alex pun mengungkapkan, Kepulauan Seribu dikenal dengan arusnya yang tenang. Sehingga, tak sedikit wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya berlibur ke sana. Tapi ingat, untuk pulau-pulau yang letaknya jauh dan mendekati Laut Jawa punya ombak besar dan arus yang kuat.

"Kepulauan Seribu arusnya rata-rata tenang karena gugusan pulau. Tapi untuk pulau-pulau yang letaknya jauh, seperti Pulau Pelangi atau Kelapa, itu arusnya kencang," tutur Alex.

Bagi Alex, tempat favoritnya adalah Bintang Rama di Pulau Pari. Sebab selain bawah lautnya bagus, penginapan di sana juga murah-murah. Cocok bagi backpacker!

"Di sana penginapan hanya Rp 200 ribu per malam, murah kan?" celetuk Alex.

Berbagai travel agent pun siap mengantar Anda untuk snorkeling atau diving di Kepulauan Seribu. Silakan pilih, mau ke Pulau Tidung, Pulau Pari, Semak Daun, atau pulau-pulau cantiknya di Kepulauan Seribu. Selamat berlibur!




(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA