Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2013 16:30 WIB

DESTINATIONS

Ngeri! Gedung-gedung di Kota Santos Miring

detikTravel
Bangunan miring yang tampak jelas dilihat (Amusing Planet)
Bangunan miring yang tampak jelas dilihat (Amusing Planet)
Santos - Menara miring Pisa di Italia mungkin sudah tidak asing bagi para traveler. Banyak yang sengaja datang hanya untuk melihat fenomena ini. Tapi siapa sangka di sepanjang garis pantai Kota Santos, Brazil juga memiliki banyak bangunan miring.

Dilansir dari Amusing Planet, Selasa (28/05/2013), kota yang berada di sekitar 80 kilometer dari Sao Paolo, Brazil memiliki hal yang aneh. Seperti kartu domino, bangunan-bangunan yang di sana miring ke satu sisi. Mirip dengan menara miring Pisa di Italia. Wisatawan bisa melihat sendiri.

Masalahnya terletak pada struktur tanah Santos yang 7 meternya terdiri dari pasir, kemudian 30-40 meter di bawahnya ada tanah liat yang sebenarnya tidak bisa menahan berat struktur bangunan. Sampai 1968, aturan bangunan lokal tidak memiliki batasan apapun pada jenis pondasi yang dapat digunakan untuk bangunan bertingkat.

Padahal idealnya, sebuah pondasi bangunan harus memiliki pondasi sedalam 50 meter, namun bangunan yang ada di tepi pantai Santos hanya memiliki pondasi dengan kedalaman 4 sampai 5 meter saja. Alhasil, selesai pembangunan pertama selesai dilakukan baru timbul kesadaran untuk mendalamkan rangka pondasi khusus bangunan tinggi.

Wisatawan yang sedang berjemur di Pantai Santos bisa melihat langsung keanehan ini. Tinggal lihat saja deretan gedung yang menghadap pantai. Tampak jelas, gedung-gedung itu doyong ke kanan atau kiri. Sungguh ngeri!

Banyak bangunan yang berdekatan satu sama lainnya, sehingga bisa saja menimbulkan masalah. Dikhawatirkan bila satu bangunan yang runtuh akan menimbulkan keruntuhan pada bangunan lain di sekitarnya, mirip dengan efek domino. Namun para ahli menyangkal masalah tersebut dapat terjadi, karena biasanya bangunan runtuh secara vertikal.

Anehnya meskipun warga Santos tahu kalau tinggal di bangunan yang miring, mereka tidak berniat untuk pindah. Akibatnya, mereka harus mengalami ketidaknyamanan seperti barang-barang yang bergeser dan sulitnya menuang kopi.

Di sana, ada sekitar 100 bangunan miring pada sudut yang mengerikan dengan kemiringan antara 0,5 meter dan 1,8 meter. Sebenarnya ada upaya untuk meluruskan beberapa bangunan yang miring, namun hal ini terkendala oleh biaya yang mahal. Hanya ada satu bangunan Duta Malzoni sebelah Pinacoteca di Kanal 4 yang memakan biaya renovasi sebesar US$ 1,5 juta (Rp 14,6 miliar). Memang itu jumlah yang sangat besar.

Orang-orang yang tinggal di sana bukan hanya harus terbiasa dengan bangunan mereka yang miring, namun juga masalah lainnya yaitu menurunnya harga properti. Di mana harga kondominium anjlok setelah beberapa bangunan mirip tampak jelas terlihat dengan kasat mata.




(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA