Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jun 2013 18:56 WIB

DESTINATIONS

Katedral di Prancis Ini Dibuat Dari Batu Lahar

detikTravel
Penampakan katedral gotik yang mencolok (postcards-exchange.blogspot.com)
Clermont-Ferrand - Gereja antik yang terbuat batu kapur, batu granit atau marmer, seringkali dijumpai wisatawan saat traveling ke Eropa. Namun di Prancis, ada katedral gothik berwarna hitam legam. Katedral ini dibuat dari batu lahar!

Dari Sacred Destinations, Selasa (11/6/2013), katedral ini bernama La Cathedrale de Notre-Dame de l'Assomption, di kota Clermont-Ferrand, Prancis. Orang-orang sering menyebutnya Katedral Clermont-Ferrand. Seluruh bangunannya dikonstruksi dari batu lahar hitam. Warna batu lahar yang hitam membuat katedral gotik ini terkesan menakutkan.

Masuklah ke katedral ini, dan Anda akan melihat pilar-pilar tinggi membentuk lengkungan yang menyempit, dengan kapel-kapel lebar di sisi dalam katedral. Di dalam gereja ini juga terdapat ruang paduan suara yang lebar.

Yang paling menarik dari interior katedral ini adalah kapel-kapel yang berjejer di sekitar ruang paduan suara. Di sepanjang kapel, traveler dapat melihat jendela-jendela kaca patri terbaik disertai lukisan-lukisan dinding bergaya gotik.

Di Katedral Clermont-Ferrand, traveler akan menemukan ruang bawah tanah yang berasal dari abad ke-10 di bawah lantai paduan suara. Ini merupakan satu-satunya yang tersisa dari katedral Romawi sebelumnya. Di dalamnya ada 2 dua sarkofagus indah yang berasal dari awal munculnya Kristen Clermont. Masing-masing sarkofagus berasal dari abad ke-4 dan abad ke-5.

Selain itu, di ruang bawah tanah juga terdapat lukisan dinding yang berasal dari abad ke-13. Namun lukisan ini dicat dalam gaya romantik, menggambarkan adegan dari kelahiran dan pelayanan Kristus.

Kota Clermont memang dikelilingi rantai gunung berapi aktif terbesar di Eropa. Salah satu kota wisata di Prancis ini memang memiliki banyak bangunan tua yang dibangun dari batu vulkanik. Katedral Clermont-Ferrand adalah katedral Kristen ketiga yang didirikan melanjutkan sisa-sisa struktur bangunan katedral Romawi sebelumnya.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA