Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 22 Jul 2013 15:09 WIB

DESTINATIONS

Ngabuburit Bareng Manusia Batu & Mobil Antik di Kota Tua

Afif Farhan
detikTravel
Ini dia manusia batu yang unik di Kota Tua (Afif/detikTravel)
Jakarta - Kota Tua di Jakarta Pusat jadi tempat asyik untuk ngabuburit. Banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di sana, seperti naik sepeda onthel, foto-foto dengan mobil antik, atau bergaya dengan manusia batu. Yuk, nunggu adzan Maghrib di sana!

Beberapa objek wisata di Jakarta bisa jadi tempat untuk ngabuburit. Kalau di Pasar Benhil Anda bisa berburu aneka takjil menjelang waktu buka puasa, maka beda dengan di Kota Tua. Inilah tempat favorit anak muda untuk jalan-jalan dan melakukan aktivitas seru menjelang buka puasa.

"Kalau di sini kebanyakan anak muda mas yang ngabuburit. Kalau nggak sama pasangannya, ya satu geng," ujar Agus, salah satu tukang parkir di Kota Tua kepada detikTravel, minggu lalu.

Saat itu waktu menunjukan pukul 17.00 WIB. Kawasan Kota Tua pun mulai ramai didatangi anak muda. Kebanyakan mereka datang dengan sepeda motor dan memakirkannya di dekat Museum Bank BI atau di sekitar kawasan Stasiun Kota. Lalu, mereka berjalan kaki menuju Taman Fatahillah.

Berbagai penjaja makanan sudah sibuk menyiapkan dagangannya. Berbagai macam makanan pun bisa Anda temukan, mulai dari pempek, kuliner Padang, nasi goreng, hingga kerak telor yang asli makanan Jakarta.

Beberapa pedagang pun menggelar tikar untuk duduk lesehan bagi wisatawan. Tak hanya itu, rupanya ada penjual jam tangan, sepatu hingga kaus-kaus karikatur bertema Kota Jakarta di sana.

Selain duduk-duduk atau foto-foto dengan meriam, rupanya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di Kota Tua. Yang keren, Anda bisa berfoto dengan mobil-mobil antik di Bar Bar Studios. Banyak mobil antik seperti VW hingga Mercy!

"Ini mobil koleksi pribadi. Mau foto biayanya Rp 20 ribu, itu fotonya sudah jadi dan sudah sama file juga," ujar salah satu karyawan Bar Bar Studios, Anton.

Anton menambahkan, jam buka Bar Bar Studios selama bulan Ramadan adalah dari pukul 12.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kebanyakan, anak-anak muda berfoto di sini saat malam hari.

"Paling banyak minta fotonya itu malam-malam, karena suasanannya gelap dan lebih keren menurut mereka. Tapi, tak sedikit juga yang foto sore-sore. Sambil nunggu buka puasalah," kata Anton.

Selain itu, wisatawan yang ngabuburit di Kota Tua dapat menghabiskan waktu dengan bermain sepeda onthel. Ada anyak penjaja penyewa sepeda onthel yang memakai seragam di Kota Tua. sepedanya pun berwarna-warni dan juga bersih. Asyik!

"Sewanya Rp 15 ribu untuk naik sepeda onthel selama setengah jam. Kami biasanya mulai menyewakan sepeda saat pukul 15.00 WIB, dekat dengan waktu berbuka," kata salah satu tukang sewa sepeda onthel, Firman.

Meski Kota Tua saat itu terlihat ramai, tapi tak sedikit wisatawan yang naik sepeda onthel. Seperti Robby dan pasangannya, mereka mengaku paling suka naik sepeda onthel kalau melancong ke Kota Tua.

"Kota Tua memang terkenal dengan onthelnya. Kurang lengkap aja kalau ke Kota Tua tapi tidak naik sepeda onthel," ujar Robby.

Saat ngabuburit di Kota Tua, Anda juga bisa bertemu dengan 'manusia batu'. Jangan kaget, ini adalah manusia biasa dengan menggenakan pakaian perang dan membawa senjata, serta seluruh badannya dicat warna hitam. Lalu, dia akan berdiam dengan posisi seperti sedang berperang. Wisatawan pun bisa berfoto bersama, asal membayar secara sukarela pada keranjang yang sudah disiapkan.

Ngabuburit di Kota Tua, jadi kegiatan asyik saat bulan Ramadan. Selain melihat peninggalan zaman penjajahan Belanda, berbagai aktifitas seru bakal mengisi waktu Anda saat menunggu buka puasa.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA