Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Sep 2020 16:11 WIB

DETIKTRAVEL

Kontes Foto Mangrove: dari Meksiko Sampai Indonesia

Femi Diah
detikTravel
Once Again Being a Mother di hutan mangrove Meksiko juara kotes foto mangrove 2020
Once Again Being a Mother di hutan mangrove Meksiko juara Kotes Foto Mangrove 2020 (Victor Hugo Luja Molina via BBC)
Jakarta -

Kontes fotografi hutan mangrove telah memutuskan juaranya. Persaingan diramaikan fotografer yang mengambil foto-foto di hutan mangrove seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Juara kontes foto mangrove yang dihelat oleh Mangrove Action Project dimenangkan Victor Hugo Luja Molina. Dia mengabadikan momen seekor jaguar betina bersama anaknya di hutan bakau Meksiko.

Foto Luja Molina dengan judul Once Again Being a Mother itu menjadi yang terbaik di antara lebih dari 1.000 foto yang berasal dari hampir 70 negara.

"Saya suka sekali gambar ini karena menunjukkan akar mangrove, hutan mangrove secara mendetail dan pada malam hari," kata Molina seperti dikutip BBC.

"Ini salah satu dari sedikit foto yang menangkap jaguar dalam ekosistem mangrove," dia menambahkan.

Molina mengungkapkan kesulitan saat mengambil gambar itu. Dia membutuhkan waktu selama dua tahun untuk merekam induk jaguar dan anaknya itu.

Faktor lain yang bikin foto itu amat menarik adalah hutan mangrove sebagai rumah jaguar itu sedang bergelut dengan ekonomi warga.

"Setelah dua tahun berkali-kali gagal dengan perangkap kamera - gambar kabur, tangkapan tidak lengkap, dan kamera hilang - Janis, jaguar betina yang hidup di hutan mangrove, akhirnya memberi kita momen luar biasa bersama salah seekor anaknya," kata Molina.

"Ekosistem mangrove di Meksiko barat menghadapi masalah konservasi yang besar, dengan begitu banyak perubahan lahan, termasuk untuk budidaya udang ilegal," Molina menambahkan.

Hutan bakau adalah pelindung penting dari perubahan iklim. Sebagai gambaran, 4.000 meter persegi hutan mangrove menyerap karbon dioksida dalam jumlah yang sama dengan 4.000 meter persegi hutan hujan Amazon.

Hutan mangrove juga melindungi garis pantai dari erosi, seiring badai intens menjadi semakin sering.

Kontes foto yang memasuki tahun keenam itu bertujuan menunjukkan hubungan antara kehidupan liar, komunitas pantai, dan hutan bakau serta kerapuhan ekosistem unik ini, baik di atas maupun di bawah permukaan air.

"Mangrove adalah salah satu bagian yang sangat penting dari ekosistem, ia adalah tempat berkembang biak bagi banyak spesies akuatik," kata juri kontes, Steve Winter.

"Kesehatan ekosistem ini vital bagi kesehatan manusia dan hewan," dia menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA