Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Mar 2021 08:05 WIB

DETIKTRAVEL

Australia Perpanjang Larangan Perjalanan Internasional 3 Bulan Lagi

MELBOURNE, AUSTRALIA - JUNE 22:  Passengers wait for flights at Melbourne International Airport on June 22, 2011 in Sydney, Australia. Flights across Australias busiest airports are resuming today after cancellations due to the Chilean ash cloud yesterday stranded passengers and created a backlog.  (Photo by Hamish Blair/Getty Images)
Foto: Bandara Melbourne, Australia (Getty Images/Hamish Blair)
Sydney -

Sebelumnya, Australia menetapkan akan membuka gerbangnya pada 17 Maret 2021. Namun rencana itu dibatalkan karena khawatir penyebaran virus Corona.

Dikutip dari Fox News, Senin (8/3/2021), Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, mengumumkan bahwa akan memperpanjang larangan perjalanan internasional selama tiga bulan lagi, tepatnya pada 17 Juni 2021. Penutupan border Australia telah dilakukan sejak tahun lalu, yaitu Maret 2020.

"Situasi COVID-19 di luar negeri terus menimbulkan risiko kesehatan masyarakat yang tidak dapat diterima di Australia, termasuk munculnya varian yang lebih menular," kata Hunt.

Perpanjangan larangan ini juga akan memastikan pemerintah Australia dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah dan mengendalikan COVID-19.

"Perpanjangan periode darurat selama tiga bulan berikutnya adalah tentang mengurangi risiko tersebut bagi kesehatan dan keselamatan semua orang." tambah Hunt.

Selain memperpanjang larangan perjalanan internasional, Australia juga memperluas protokol kesehatan yang diterapkan. Di antara peraturan tersebut adalah pembatasan masuknya kapal pesiar di dalam wilayah Australia, dan juga pembatasan perdagangan gerai ritel di bandara internasional.

Pembatasan dan larangan ini pun bersifat kondisional, jika situasi membaik, maka kebijakan bisa diubah atau diajukan banding.

"Secara khusus, pemerintah Australia terus bekerja sama dengan badan negara bagian dan teritori, komite kesehatan nasional dan industri pelayaran untuk mengembangkan kerangka kerja untuk dimulainya kembali kapal pesiar dengan cara yang proporsional dengan risiko kesehatan masyarakat," kata Menteri Kesehatan Australia ini.

Australia memiliki 29.002 kasus Corona dengan 25.486 pasien sembuh dan 909 meninggal dunia. Negara ini hanya memiliki penambahan delapan kasus selama tujuh hari terakhir.



Simak Video "Kebakaran Hutan di Australia Mengancam Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA