Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Okt 2021 06:23 WIB

DETIKTV

Nongkrong Asyik dan Klasik di Pos Bloc Eks Kantor Pos Pasar Baru

Jakarta -

Kantor Pos pusat yang terletak di daerah Pasar Baru, Jakarta, kini bertransformasi menjadi tempat hangout yang kekinian Pos Bloc. Kerja sama antara PT Pos Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos berhasil menghadirkan tempat bagi masyarakat untuk berwisata, berbelanja, maupun sekadar foto-foto belaka di tempat yang juga dikenal dengan Gedung Filateli itu.

Adalah Pos Bloc yang menjadi wajah baru bekas kantor pos terbesar di Hindia Belanda ini. Di dalamnya terdapat beberapa tenant UMKM yang menjual aneka pakaian, makanan, sampai dengan barang-barang tempo doeloe.

Pengunjung juga bisa sekadar nongkrong sambil diskusi dengan nyaman di tempat yang didesain ala-ala coworking space. Atau jika hanya sekadar ingin foto-foto untuk diposting di media sosial, spot-spot unik bangunan dengan arsitektur art deco ini juga banyak tersedia.

Walaupun sudah berubah menjadi Pos Bloc, bangunan tidak serta merta diubah total. Pemugaran dilakukan dengan sangat hati-hati karena bangunan yang terletak di seberang pintu masuk Pasar Baru ini sudah ditetapkan menjadi cagar budaya.

Pengunjung masih bisa melihat peninggalan-peninggalan saat pos menjadi sarana penting komunikasi jarak jauh pada masanya. Ada brankas, prasasti, maupun laci-laci tempat menyortir surat.

"Saya berharap pengunjung yang datang ke Pos Bloc bukan hanya sekadar nongkrong, sekadar makan minum, berbelanja, tetapi juga menggali sejarahnya, menggali cerita masa lalunya Jakarta karena kawasan ini dulunya menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda," ujar Program Director Pos Bloc Wendi Putranto dalam program Viral detikcom.

(gah/gah)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA