Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Okt 2021 08:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pos Bloc Jakarta, Tempat Nongkrong Asyik di Gedung Bersejarah

Putu Intan
detikTravel
Pos Bloc
Pos Bloc. Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Menggabungkan konsep masa lalu dan masa kini, Pos Bloc menjadi tempat hangout yang unik. Di sana pengunjung dapat berwisata sekaligus belajar sejarah pos.

Bila traveler kerap berkunjung ke daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat pasti tak asing dengan gedung besar bernuansa putih di sebelah Sekolah Santa Ursula. Gedung itu dulunya dikenal sebagai Gedung Filateli yang kini disulap menjadi ruang kreatif bernama Pos Bloc.

Pos Bloc didirikan dari hasil kolaborasi antara PT Pos Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos, salah satu anak perusahaan grup usaha Radar Ruang Riang yang mengelola M Bloc Space di Jakarta Selatan.

Pos Bloc ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk menggelar acara seni, budaya, hiburan, hingga bisnis yang melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pos BlocPos Bloc. Foto: Putu Intan/detikcom

Ketika masuk ke dalam gedung, traveler dapat melihat jajaran toko UMKM yang menjual berbagai barang mulai dari pakaian, kuliner, hingga barang antik. Di sana juga terdapat ruang kerja bersama yang cocok digunakan orang-orang untuk berdiskusi dan bekerja.

Kegiatan seru lainnya adalah traveler dapat melakukan sesi foto menggunakan mesin pengambil gambar otomatis yang disebut Photomatics. Spot ini selalu diburu oleh pengunjung.

Namun yang menjadikan Pos Bloc makin menarik adalah lokasinya yang berada di dalam gedung peninggalan Belanda. Gedung ini dulunya difungsikan sebagai Kantor Pos terbesar di Hindia Belanda. Gedung ini juga ditetapkan pemerintah provinsi DKI Jakarta sebagai Bangunan Cagar Budaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pos Bloc Jakarta Sulap Kantor Pos Pasar Baru Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA