Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mar 2021 14:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Mesin Pencetak Uang Kuno di Galeri Museum Peruri

Putu Intan
detikTravel
M Bloc Market
Galeri Museum Peruri. Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Selain menawarkan wisata belanja dan kuliner, kawasan M Bloc juga menghadirkan sarana edukasi melalui Galeri Museum Peruri. Di sana, traveler dapat melihat koleksi mesin pencetak dan penghitung uang yang digunakan di awal masa kemerdekaan Indonesia.

Pembukaan Galeri Museum Peruri ini bersamaan dengan pembukaan M Bloc Market pada akhir pekan lalu. Museum ini dibuka di ruangan yang dulunya menjadi tempat percetakan uang pertama RI, yang kemudian difungsikan sebagai gudang.

Saat ini, gudang itu sudah dirombak menjadi museum kekinian. Di sana dipamerkan mesin-mesin kuno milik Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Galeri Museum PeruriMesin pencetak uang. Foto: Putu Intan/detikcom

Salah satu mesin yang dipamerkan bernama mesin handpress intaglio. Mesin ini dibuat pada abad ke-18 dan digunakan untuk mencetak uang untuk sampling persetujuan desain sebelum diproduksi dengan mesin cetak.

Mesin ini masih dioperasikan menggunakan tenaga manusia, lho. Caranya adalah dengan memutar kendali menggunakan tangan.

Nah, ciri khas hasil cetakan mesin ini adalah terasa menonjol jika diraba. Alat ini pertama kali diterima oleh Pertjetakan Kebajoran pada 1954.

Selain itu, ada pula mesin penghitung uang logam heemaf yang berasal dari Jerman. Mesin ini dibuat pada taun 1937 namun baru digunakan perusahaan negara Artha Yasa pada 1957-1975.

Galeri Museum PeruriAI berupa uang kertas yang wajah tokohnya dapat menunjukkan ekspresi berbeda-beda. Foto: Putu Intan/detikcom

Di samping alat-alat tadi, masih banyak alat lainnya yang dapat traveler lihat. Serunya lagi, di sana juga terdapat pameran artifical intelligence berupa uang-uang kertas zaman dulu. Wajah-wajah tokoh pada uang kertas itu dapat memunculkan ekspresi berbeda-beda, seolah hidup.

Jika penasaran ingin melihat langsung mesin pencetak uang kuno itu, traveler bisa langsung datang ke Galeri Museum Peruri di M Bloc Space yang terletak di Jalan Panglima Polim nomor 37, Jakarta Selatan. Biayanya gratis.



Simak Video "Buka untuk Aktivitas Olahraga, Pengunjung TMII Jauh di Bawah Kapasitas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA