Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Mar 2021 20:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

M Bloc Market, Pasar Produk Lokal Kekinian Jantung Ibu Kota

Putu Intan
detikTravel
M Bloc Market diresmikan Jumat (19/3/2021)
Foto: Putu Intan/detikTravel
Jakarta -

Kawasan M Bloc kembali melebarkan sayapnya dengan membuka M Bloc Market. Ini menjadi tempat UMKM lokal berniaga.

Bertempat di kawasan Blok M Jakarta Selatan, M Bloc Market resmi dibuka mulai Jumat (19/3/2021). M Bloc dibangun berdasarkan kolaborasi antara BUMN Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dengan M Bloc.

Peruri memiliki peran dalam menyewakan aset mereka yaitu gudang dan ruang sarana olahraga yang kemudian menjadi lokasi kegiatan M Bloc Market. Di samping itu, Peruri juga mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan menyediakan wadah bagi UMKM untuk berkembang, salah satunya melalui otentifikasi digital.

"Suatu produk melalui aplikasi atau QR Code M Bloc Market kita bisa melihat, bisa tracing darimana asalnya, siapa UMKMnya, kita juga mungkin akan mengeluarkan stempel bahwa produk UMKM ini sudah dikurasi M Bloc (sebelum dijual). Ini menjamin otentifikasi dan proteksi juga dari produk palsu,"kata Direktur Utama Perum Peruri Dwina Septiani.

M Bloc Market menggabungkan konsep supermarket moderen yang menjajakan 70 persen produk lokal UMKM, ruang serbaguna untuk kegiatan kreatif komunitas dan Galeri Museum Peruri. Tujuannya, tak lain adalah untuk menjangkau lebih banyak anak muda yang ingin berkarya.

"M Bloc Market tidak berdiri sendiri tetapi empowering dari produk-produk lokal. Kita juga bikin pameran lukisan. Jadi tempat ini akan menjadi engagement dari pelaku-pelaku usaha," kata CEO M Bloc Space Handoko Hendroyono.

M Bloc Market diresmikan Jumat (19/3/2021)M Bloc Market diresmikan Jumat (19/3/2021) Foto: Putu Intan/detikTravel

Sementara itu, pembukaan M Bloc Market ini juga didukung Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. Tempat ini dapat menjadi lokasi bertemunya produk lokal dengan pasarnya.

"Ini merupakan batu loncatan menuju kediddayaan brand lokal dan kejayaan UMKM Indonesia. Saya mengapresiasi kehadiran M Bloc Market tidak hanya sebagai etalase produk lokal yang keren tapi juga menjadi buah dari kolaborasi beragam stakeholder. Ini patut menjadi referensi kita bersama dalam mengembangkan UMKM ke depan," ujar Teten.

Di M Bloc Market ini, traveler dapat membeli berbagai produk lokal mulai dari hasil pertanian, snack, kerajinan tangan, produk kecantikan, dan kuliner-kuliner unik buatan milenial. Kualitasnya pun terjaga dengan mengedepankan konsep berkelanjutan, di mana setiap produknya telah dikurasi sebelum dapat diperjualbelikan.

Serunya lagi, traveler juga bisa mengetahui profil dari setiap produk dengan memindai QR Code melalui aplikasi Scan to Go. Traveler yang tidak bisa datang ke M Bloc Market juga bisa membeli produk secara online melalui aplikasi ini.



Simak Video "Buka untuk Aktivitas Olahraga, Pengunjung TMII Jauh di Bawah Kapasitas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA