Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2013 13:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

3 Benteng Gahar di Maluku

Benteng Amsterdam (Nico Wijaya/ACI)
Benteng Amsterdam (Nico Wijaya/ACI)
Ambon - Lewat dinding yang kokoh dan berumur puluhan tahun, benteng tua tetap meninggalkan pesona untuk wisatawan. Di Maluku, ada 3 benteng yang sampai saat ini masih terkenal kegaharannya.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (26/9/2013) inilah 3 benteng gahar di Maluku yang wajib Anda kunjungi saat ke sana:

1. Benteng Amsterdam

Meski bernama Benteng Amsterdam, benteng ini bukan berada di Belanda. Anda bisa menemukannya di Desa Hila, sekitar 1 jam dari Ambon. Benteng ini pertama kali dibangun oleh Portugis, pimpinan Fransisco Serrao tahun 1512.

Yang menarik, benteng ini berada di tepi pantai. Jadi dari dalam benteng, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut Maluku yang sangat cantik dan menawan.

Benteng Amsterdam memiliki konstruksi bangunan seperti rumah. Genteng merah menjadi atap bangunan rumah. Masuk ke dalam, bangunan ini terdiri dari tiga lantai lain.

Di lantai pertama, Anda bisa melihat ruangan berbata merah. Inilah ruangan yang digunakan sebagai tempat tidur para serdadu.

Naik ke lantai dua dan tiga terdiri dari lantai berkayu besi. Lantai dua berfungsi sebagai tempat pertemuan para perwira, sedangkan lantai tiga berfungsi sebagai pos pemantau. Pada ujung bangunan, wisatawan bisa melihat menara pengintai.

2. Benteng Victoria

Benteng kedua yang juga harus Anda kunjungi saat ke Maluku adalah Benteng Victoria. Benteng ini berada di Kota Ambon, tepatnya di Kecamatan Sirimau.

Dibangun pada tahun 1775, Benteng Victoria menjadi benteng tertua di Ambon yang dibangun Portugis. Namun, begitu Belanda datang, kepemilikan benteng ini diambil oleh Belanda.

Selanjutnya Benteng Victoria dijadikan pusat pemerintahan oleh Belanda. Di sinilah para penjajah mengatur strategi untuk mengambil kekayaan bumi Maluku, khususnya Ambon.

Kini, Benteng Victoria menjelma jadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan traveler. Masuk ke dalam, Anda akan dihadapkan dengan sisa-sisa meriam berukuran besar.

Bangunan benteng juga terdiri dari kamar-kamar. Jika diperhatikan, beberapa ruangan terdapat patung kayu. Anda juga bisa melihat peta perkembangan Ambon mulai dari abad 7-9.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Benteng Victoria adalah pada sore hari. Berlatarkan Teluk Ambon yang cantik, Anda bisa menyaksikan betapa anggunnya matahari begitu kembali ke peraduan dari balik gaharnya dinding benteng.

3. Benteng Belgica

Sama seperti Benteng Victoria, Benteng Belgica juga dibuat oleh Portugis saat menjajah Maluku pada tahun 1611. Lagi-lagi benteng buatan orang Portugal ini kembali direbut Belanda.

Tidak seperti Benteng Victoria yang berada di tengah kota Ambon, Benteng Belgica terletak di atas perbukitan Tabaleku. Benteng ini juga berada di atas ketinggian 30,01 mdpl.

Benteng ini dibangun dengan gaya bangunan persegi lima. Uniknya, jika dilihat dari berbagai sisi, bangunan ini lebih terlihat seperti segi empat. Namun, jika dilihat dari udara, barunya tampak kalau bangunan ini berbentuk segi lima.

Usut boleh usut, masyarakat juga menyebutnya sebagai The Indonesian Pentagon. Alasannya, bangunan benteng ini mirip seperti Gedung Pentagon dari ketinggian.

Konstruksi benteng terdiri dari dua bangunan. Untuk bisa masuk ke dalam, wisatawan harus menggunakan tangga. Begitu tiba di tengah benteng, Anda akan dihadapkan dengan sebuah ruang terbuka yang cukup luas. Dulu, di sinilah para tahanan disekap.

Masih di tengah ruang terbuka ini, turis bisa menemukan dua buah sumur rahasia. Konon, sumur ini digunakan untuk menghubungkan benteng dengan pelabuhan di tepi pantai.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.