Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2013 15:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Baru Beda, Keliling Derawan Naik Sepeda

detikTravel
Aneka sepeda yang disewakan (Astrid/detikTravel)
Berau - Malas berjalan mengitari Pulau Derawan bersama sengatan matahari yang tajam? Ada cara lebih menarik dari itu untuk menjelajah pulau yaitu dengan naik sepeda. Yuk gowes!

Di pulau ini banyak terdapat tempat penyewaan sepeda. Salah satunya adalah lapak rental sepeda milik Muhammad Safar, seorang perantau asal Mataram, Lombok. Menurutnya rental sepeda miliknya ini yang kedua ada di Pulau Derawan.

Menurut Safar, wisata di pulau ini mulai ramai sejak tahun 2008, ketika Pekan Olahraga Nasional didakan di Kalimantan Timur. Sebelumnya ia berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapannya dihargai Rp 250 perak hingga Rp 2 ribu.

Saat wisata mulai ramai, ia coba menarik becak. Becaknya ia beli di Surabaya Rp 500 ribu kemudian ongkos kirim ke Pulau Derawan, Berau sekiiar Rp 2,5 juta. "Becak ini dipakain untuk pariwisata keliling pulau," ujarnya kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Becak ia pikir masih kurang efisien, karena memerlukan tenaga untuk mengayuh becak. Akhirnya sepeda adalah salah satu solusi yang bagus. Karena sama-sama tidak mengeluarkan polusi seperti becak, wisatawan juga bisa lebih bebas mengeliling pulau dan berinteraksi dengan penduduk.

Sekarang ia telah memiliki 10 unit sepeda untuk disewakan, biaya sewanya Rp 20 ribu setiap jam. "Kalau waktunya lebih-lebih sedikit enggak jadi masalah. Kadang ada yang sampai dua jam, saya enggak minta bayaran lagi. Saya ngerti mungkin keasyikan keliling pulau, foto-foto."

Pendapatannya bisa dibilang lumayan kala musim liburan tiba. Ia mengaku bisa mendapat uang sekitar Rp. 100 ribu di pagi hari dan Rp. 200 di sore harinya. Namun ketika sedang sepi, pemasukannya pun ikut surut.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA