Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Mar 2015 08:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Monumen Arc de Triomphe Paris Ada Kembarannya di Kediri Lho!

Faela Shafa
detikTravel
Monumen Simpang Lima Gumul tampak mirip dengan Arc de Triomphe (kediri.go.id)
Kediri - Monumen Arc de Triomphe jadi salah satu ikon yang paling dikenal di Paris, Prancis. Tapi siapa sangka kalau ada juga monumen yang persis seperti ini, tapi di Kediri, Jawa Timur. Keren!

Berbentuk segi empat dan berada di tengah kota, Monumen Simpang Lima Gumul terlihat persis sekali seperti gapura Arc de Triomphe yang ada di Paris. Sudah bisa dipastikan, monumen yang biasa disingkat SLG ini pun jadi ikon dari kota Kediri.

Monumen yang digagas oleh Bupati Kediri, Sutrisno, ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008. Di Paris, Arc de Triomphe dibangun untuk menghormati para pejuang yang gugur bertempur saat Revolusi Prancis dan Perang Napoleon.

Nah, SLG dibangun sebagai wakil dari spirit kejayaan Kediri. Untuk menunjukkan megahnya, monumen ini berdiri tepat di tengah 5 simpang jalan dari Pari, Kediri, Plosoklaten dan Menang.

Meski mirip sekali dengan Arc de Triomphe, namun Monumen SLG ini tetap menonjolkan ornamen seni khas Kediri, demikian ditengok dari situs resmi Pemkab Kediri, Kamis (26/3/2015). Di beberapa sisi terdapat pahatan relief mengenai sejarah berdirinya Kota Kediri. Di sisi lainnya ada pula pahatan yang menceritakan kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang.

Monumen yang memiliki tinggi 25 meter dan luas 804 meter persegi ini dibuat sama dengan hari jadi Kabupaten Kediri. Untuk ulang tahun kabupaten ini sendiri adalah 25 Maret tahun 804, tanggalnya baru saja lewat kemarin!

Waktu terbaik untuk melihat Monumen SLG yang mirip dengan Arc de Triomphe adalah saat malam. Lampu yang menerangi monumen tercipta begitu magis sehingga serasa seperti di Paris. Penasaran?

Monumen Simpang Lima Gumul berada di persimpangan Lima Gumul, Kediri. Tak sulit menemukan monumen ini karena memang berada di pusat kota Kediri.

(shf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA