Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Sep 2015 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pemakaman Paling Unik di Indonesia, Jenazahnya Jongkok

Kuburan batu Waruga (Rangga/detikTravel)
Minahasa - Di Sulawesi, banyak wisata sejarah berupa pemakaman yang unik. Jika di Toraja ada kuburan di tebing batu, maka di Minahasa ada Waruga, kuburan batu dimana jenazah dimakamkan dalam posisi berjongkok.

Peserta Datsun Risers Expedition (DRE) kembali menikmati wisata sejarah di ajang DRE gelombang dua etape pertama di Sulawesi Utara. Kali ini, Risers melakukan wisata di Cagar Budaya Waruga.

Taman Waruga ini berada di Desa Sawangan, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Taman budaya ini menyimpan makam budaya bersejarah.

Anton Jatuna sebagai juru pelihara wilayah kerja Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, menjelaskan tamu di taman budaya ini tak dibolehkan membongkar batu makam. Makam ini adalah tumpukan batu, yang dulunya di dalam batu itu disimpan jenazah.

"Dari satu batu balok besar dipahat. Jenazah ditaruh di dalam batu. Kondisi jenazah seperti dalam keadaan jongkok untuk menggambarkan posisi di dalam janin," kata Anton.

Namun di tahun 1800-an, jenazah yang ada di dalam batu harus dipindahkan. Sebab, di wilayah ini terserang wabah penyakit kolera.

"Ini makamnya sudah dari tahun dari 800 sampai 1800. Sejak 1800 kuburan dalam tanah," sebut Anton.

Para risers pun cukup antusias mengunjungi wilayah bersejarah ini. Rudy Novianto, risers asal Purwakarta, misalnya, dia sangat semangat mengunjungi tempat wisata ini setelah hanya melihat di media massa.

"Untuk makam Waruga sebenarnya sudah lihat dari TV. Penyambutan tamu saya melihatnya malah oke," kata Rudy.

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA