Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jan 2016 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Minim Sinyal, Ini 5 Gunung Cantik untuk Bantu Lepas dari Ponsel

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Cee Manusialembah/dTraveler
Foto: Cee Manusialembah/d'Traveler

FOKUS BERITA

Liburan Bebas Gadget
Jakarta - Naik gunung yang sulit sinyal bisa jadi cara ampuh untuk mengurangi kecanduan bermain handphone. Saat liburan nanti, yuk coba mendaki gunung berikut ini.

Melepaskan diri sejenak dari ponsel tentu menyenangkan. Tak perlu repot memikirkan email pekerjaan atau hal yang tidak penting di media sosial. Keberadaan sinyal kuat memang terkadang membuat sulit untuk jauh dari ponsel, maka cobalah liburan ke tempat susah sinyal seperti di gunung.

Sinyal ponsel di beberapa gunung berikut ini bagaikan barang langka. Di tempat-tempat tertentu, tergantung juga dengan operatornya, mungkin masih ada jangkauan sinyal ponsel untuk SMS. Tapi sulit untuk mengakses internet, termasuk mengunggah foto di media sosial.

Dirangkum detikTravel, Kamis (28/1/2016) berikut 5 gunung cantik yang bisa bantu lepas dari ponsel:


(Cee Manusialembah/d'Traveler)

1. Gunung Rinjani

Keindahan Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB sudah tersohor di kalangan traveler pecinta alam. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini menawarkan keindahan tiada tara di sepanjang jalur pendakian.

Ketika berada di puncaknya yang begitu tinggi, traveler serasa berada di negeri di atas awan. Lautan awan yang memesona akan terlihat dari puncak. Begitu pula dengan pemandangan pedesaan di sekitar Rinjani.

Setelah menikmati puncak, mampir dulu ke Danau Segara Anak. Pendaki dapat mendirikan tenda di tepi danau, memancing pun bisa. Pemandangan indah dan udara sejuk pun akan menemani pendaki selama di Danau Segara Anak.


(Joshua Lie/d'Traveler)

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu di Jawa Tengah tingginya mencapai 3.145 mdpl. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju puncak Merbabu sekitar 6 hingga 7 jam. Untuk jalur pendakian yang cukup populer adalah via Selo atau Chuntel.

Padang savana serta panorama hijau lainnya yang sejuk dipandang mata akan terlihat selama mendaki. Keindahan Desa Selo yang asri dan Gunung Merapi yang gagah juga bisa terlihat dari atas Gunung Merbabu.


(Argaditya/d'Traveler)

3. Gunung Semeru

Di Pulau Jawa, ada juga Gunung Semeru yang semakin populer lewat Film 5 cm. Perjalanan menuju Puncak Mahameru di ketinggian 3.676 mdpl memang tidak mudah, namun bisa menjadi momen-momen liburan yang tak terlupakan.

Banyak pendaki yang dibuat jatuh cinta dengan alam sekitar Gunung Semeru. Hal ini tidak mengherankan karena banyak panorama menarik yang bisa dilihat di Semeru. Misalnya saja pesona Ranu Kumbolo yang bakalan selalu bikin kangen.


(Bayu Winarto/d'Traveler)

4. Gunung Argopuro

Gunung dengan ketinggian 3.088 mdpl di Probolinggo, Jawa Timur ini menantang untuk didaki. Selain jalur menuju puncaknya panjang dan terjal, Gunung Argopuro juga diselimuti misteri Dewi Rengganis dari Kerajaan Majapahit yang konon hilang bersama enam dayangnya.

Salah satu spot yang dianggap sakral adalah Danau Taman Hidup. Konon, Danau Taman Hidup yang terakdang tertutup kabut tebal merupakan tempat favorit Dewi Rengganis.

Tapi di luar sisi angkernya, Danau Taman Hidup dan berbagai sisi Argopuro tetap menyajikan panorama istimewa dan asyik untuk didaki. Yang penting setiap pendaki harus sopan dan tidak merusak gunung.


(Rita Syifa Rosiana/d'Traveler)

5. Gunung Kerinci

Bagi traveler pecinta wisata adrenalin, mendaki Gunung Kerinci di Jambi harus dicoba. Dengan ketinggian 3.805 mdpl, gunung ini menjadi yang tertinggi di Pulau Sumatera.

Pada awal pendakian, trek memang terasa mudah. Namun semakin ke atas semakin sulit. Jalurnya didominasi tanjakan terjal dan licin, belum lagi jalan sempit dengan tanjakan curam yang tertutup ranting-ranting pohon.

Setelah melewati semua rintangan, momen menggapai puncak Gunung Kerinci pastilah mengharukan dan tak akan terlupakan. Di puncak, saatnya pendaki melepas lelah sejenak sambil menikmati keindahan di atap Sumatera. (sst/sst)

FOKUS BERITA

Liburan Bebas Gadget
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED