Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jul 2016 19:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Horor ke Tempat Syuting Hantu Jeruk Purut, Berani?

Foto: Gerbang TPU Jeruk Purut (Afif/detikTravel)
Jakarta - Film-film Indonesia tidak hanya mengangkat destinasi yang cantik dan indah saja. Kalau filmnya horor, destinasi yang jadi terkenal juga horor, misalnya pemakaman Jeruk Purut, Jakarta.

Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut di Jakarta Selatan jadi ngetop di kalangan anak muda karena film Hantu Jeruk Purut yang rilis tahun 2006. Film ini berkisah tentang hantu pastor berkepala buntung di pemakaman itu.

Kisahnya, Anna Karenina yang diperankan Renny Umari adalah penulis yang memburu kisah horor hantu pastor di TPU Jeruk Purut. Dia dan kawan-kawannya lantas mengalami berbagai kejadian menyeramkan.

Nah, ternyata kegiatan anak muda uji nyali di Jeruk Purut bukan cuma di dalam film. detikTravel beberapa waktu lalu pernah meliput ke Jeruk Purut yang belakangan menjadi destinasi wisata horor.

Pohon kembar, konon banyak sosok kuntilanak di sini (Afif/detikTravel)


Wisata horor tentunya adalah kegiatan wisata yang anti mainstream dan untuk beberapa hal memiliki risiko karena bukan kegiatan wisata resmi pada umumnya. Namun dalam wawancara dengan kuncen penjaga kuburan yang bernama Babe O'ok, banyak anak muda terutama di malam akhir pekan yang datang ke sana.

Antara keisengan anak muda atau memang serius ingin menjajal nyali. Babe O'ok saat itu dalam wawancara mengatakan para anak muda berkelompok sengaja jalan-jalan di TPU Jeruk Purut.

Saat detikTravel menjelajah ke sana di malam hari, memang ada semacam titik-titik yang dipercaya angker. Tur nyeleneh bernuansa mistis ini sengaja mendatangi spot-spot tersebut yaitu pohon kembar, sumur, pohon benda dan makam keramat.

Tempat uji nyali di sumur (Afif/detikTravel)
Sedangkan jejeran makam yang ditemui sepanjang menyusuri empat titik tadi adalah pemandangan yang menemani kita. Wisata mistis di TPU Jeruk Purut biasanya berlangsung dari pukul 23.00 WIB sampai 03.30 WIB. Soal penampakan hantu, terlihat dari pukul 00.00-02.00 WIB. Menurut sang kuncen, itulah saatnya hantu-hantu gentayangan.

Dia pun tak sembarangan menaruh peserta uji nyali, demi alasan keselamatan. Soal bayaran pun, Babe O'ok sebagai pemandu selama berkeliling TPU menerima biaya seikhlasnya saja dari peserta wisata mistis ini, di luar ongkos parkir.

TPU Jeruk Purut adalah contoh lain tentang destinasi yang meraih popularitas karena film. Namun karena ini film horor jadinya berbeda dengan destinasi lain yang indah-indah. Pemakaman ini menjadi terkenal dengan cara yang nyeleneh dan sedikit berbahaya sebagai wisata horor.

Pohon benda, konon jadi 'markas' para hantu di Jeruk Purut (Afif/detikTravel)
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA