Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jul 2016 09:32 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sedap! Ranah Minang Punya 5 Minuman Khas yang Enak

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Aia Kawa, minuman daun kopi khas Bukittinggi (Artalentalle1/dTraveler)
Aia Kawa, minuman daun kopi khas Bukittinggi (Artalentalle1/d'Traveler)
Padang - Bicara soal kuliner, pasti tak bisa lepas dari Ranah Minang. Selain punya aneka makanan lezat, di sana ada 5 minuman khas yang menyegarkan dan bikin sehat!

Sumatera Barat memang dianugerahi Tuhan dengan warisan kekayaan kuliner yang begitu melimpah. Soal makanan traveler pasti sudah paham, tetapi kalau soal minuman? Ternyata Ranah Minang punya 5 minuman khas yang wajib traveler coba.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (28/7/2016), inilah 5 minuman khas Sumbar yang patut traveler rasakan ketika sedang berlibur ke sana.

1. Teh Talua

Teh talua yang berkhasiat untuk kesehatan (Afif/detikTravel)


Minuman khas pertama dari Sumbar tentu saja Teh Talua. Tak lengkap rasanya menyicipi kuliner Minang tanpa meminum Teh Talua. Teh satu ini memang tidak bisa dijumpai di daerah manapun di Indonesia.

Terbuat dari campuran teh dengan telur, rasa minuman satu ini memang unik. Jejak telur yang digunakan yaitu telur ayam kampung atau telur bebek tersamarkan dengan perpaduan yang apik antara daun teh dan manisnya gula.

Selain itu, Teh Talua juga memiliki khasiat membuat badan yang tadinya letih lesu selepas bekerja dari rutinitas, akan kembali segar dan bersemangat. Teh talua dapat dijumpai dengan mudah di berbagai kedai makanan di setiap daerah di Sumatera Barat.

2. Aia Kawa (Teh Daun Kopi)

Minuman daun Kopi di Bukittinggi (Artanlentalle1/d'Traveler)


Minuman khas lain dari Sumbar yang sudah ditemukan di daerah lain adalah Aia Kawa. Kawa daun adalah minuman dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Minuman ini bisa traveler jumpai di Bukittinggi, atau di sekitar Ngarai Sianok.

Cara pembuatannya, daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Tersajilah Aia Kawa, yang kemudian bisa ditambahkan gula pasir sesuai selera.

Kopi kawa daun memiliki beragam khasiat bila diminum traveler. Khasiatnya antara lain menghilangkan pegal-pegal, mengatasi penyakit maag hingga penyakit ginjal. Wajib dicoba bila liburan ke Sumbar.

3. Aia Aka

Selanjutnya, ada minuman khas bernama Aia Aka alias Air Kacang yang penampilannya mirip dengan cendol. Namun sebenarnya, minuman ini terbuat dari perasan daun cincau. Penyajiannya juga dicampur dengan air santan, sehingga makin mirip dengan cendol.

Selain bisa dinikmati dengan ditambah santan, Aia Aka juga bisa diminum dengan campuran Air Jeruk Nipis yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Aia Aka ini bisa untuk meredakan panas dalam, apalagi jika cuaca panas, pasti akan sangat menyegarkan.

4. Jus Pinang Muda
Buah pinang bisa dibuat jus (Kurnia/detikTravel)


Minuman khas Minang lain yang tak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan adalah Jus Pinang Muda. Ya, traveler pasti baru tahu bila sebenarnya buah pinang bisa dijadikan minuman dengan cara dijus, kemudian dicampur gula merah, serta potongan jahe.

Beberapa penjual bahkan menambahkan telur ayam kampung, susu hingga madu. Khasiatnya tentu saja untuk menambah stamina bagi kaum adam. Pokoknya wajib dicoba bila liburan ke Sumbar.

5. Es Tebak

Minuman khas terakhir dari ranah minang yaitu Es Tebak. Dari penampakannya, es tebak mirip dengan es campur. Tebak adalah olahan dari tepung beras ketan yang dicampur dengan tepung sagu dan dimasak dengan air garam dan kapur sirih.

Setelah matang, adonan tersebut dicetak kecil-kecil seperti cendol. Barulah pelengkap lainnya seperti sirup merah, susu kental manis, dan es batu serut ditambahkan untuk menyempurnakan rasa es tebak yang dingin dan menyegarkan. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED