Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Des 2016 09:53 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Long Weekend Natal, Tamasya ke Pantai Trikora Pulau Bintan

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Pantai Trikora, Bintan (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Pantai Trikora, Bintan (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Bintan - Habiskan long weekend Natal dengan berlibur ke tempat eksotis. Di Pulau Bintan, ada Pantai Trikora dengan bongkahan batu-batu raksasa.

Pantai Trikora di Pulau Bintan memang hampir mirip dengan pantai di Pulau Belitung. Tapi, sudah tahukah asal usul nama pantai itu?

Kalau belum, begini ceritanya. Nama Trikora memang berasal dari Operasi Trikora yang digaungkan Presiden Soekarno untuk pembebasan Irian Barat dari belenggu Belanda.

Diceritakan penduduk sekitar, pada zaman dulu pantai ini dijadikan tempat berlabuh para marinir Indonesia. Hanya karena itu, kawasan pantai ini dinamakan nama operasi militer itu. Unik bukan?
Pantai Trikora yang landai dan indah (Masaul/detikTravel)Pantai Trikora yang landai dan indah (Masaul/detikTravel)
"Kalau kata orangtua, penamaan pantai ini waktu perang Trikora. Para marinir itu mendarat di sini," ucap penduduk lokal bernama Vina (53) saat berbincang dengan detikTravel, Sabtu (17/12/2016).

Pantai yang terkenal hingga ke pulau-pulau tetangga bahkan negera tetangga ini akan selalu penuh saat libur tiba. Pantai ini terbilang bagus dan bersih.

"Ramainya weekend dan hari besar. Sampai enggak bisa masuk ke pantai kayak cendol gitu. Di sini kan gratis masuknya dan cuma bayar pas duduk di gazebonya saja," imbuh dia.
Pantai indah ini jadi favorit saat liburan (Masaul/detikTravel)Pantai indah ini jadi favorit saat liburan (Masaul/detikTravel)
Penduduk lokal kata Vina berprofesi sebagai nelayan musiman. Karena pada musim tertentu, mereka hanya mencari ikan di pinggir pantainya saja.

"Kerjaannya warga sini nelayan. Itu ada bangunan di tengah laut, namanya Kelong. Itu bisa ditarik ke pantai supaya enggak kena ombak besar pas musim utara, musim angin besar," jelas Vina. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Secuil Rasa Amerika di Osaka

Senin, 20 Nov 2017 08:52 WIB

Pengaruh dan nuansa Amerika kental terasa di Amerika-mura. Inilah kawasan belanja, dimana anak-anak gaul Jepang terpengaruh gaya dan budaya negeri Paman Sam.