Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Apr 2017 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Teluk Gurita di Atambua, Serasa Milik Sendiri

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Pantai Teluk Gurita yang indah tapi sepi (Fitraya/detikTravel)
Pantai Teluk Gurita yang indah tapi sepi (Fitraya/detikTravel)
Atambua - Belum banyak traveler pergi ke Atambua, NTT. Masih banyak destinasi wisata yang sepi, padahal keren. Misalnya saja Pantai Teluk Gurita.

Pantai Teluk Gurita berada di utara Kabupaten Belu, NTT yang ibukota kabupatennya ada di Atambua. Ini adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

detikTravel dan Tim Tapal Batas detikcom berkunjung ke Pantai Teluk Gurita pada Minggu (2/4/2017). Pantai ini ada di Kecamatan Kakuluk Mesak, sekitar 23 km dari pusat Kota Atambua dan dapat ditempuh sekitar 45 menit.

Pantai Teluk Gurita berada di kawasan yang sama dengan Danau Kolam Susuk. Tapi kamu mesti mengikuti jalan sampai habis. Itulah kawasan Teluk Gurita. Jalanan sih cukup mulus, namun menjelang sampai ke sana, ada jembatan rusak sehingga mobil harus pelan-pelan.

Pelabuhan Teluk Gurita (Fitraya/detikTravel)Pelabuhan Teluk Gurita (Fitraya/detikTravel)

Yang akan dijumpai traveler secara berurutan sampai ujung jalan adalah pantai yang langsung di tepi jalan aspal. Kemudian jalannya naik ke bukit, lalu turun lagi ke sebuah teluk yang menjadi pelabuhan.

Jadi Teluk Gurita sebenarnya adalah pelabuhan kecil tempat menyeberang ke Alor. Ada KMP Pulau Sabu yang merupakan kapal ferry untuk menyeberang ke sana. Beberapa nelayan tampak asyik mengambil ikan sardin hasil menjala di lautan.

Ada juga warga yang memancing di dermaga. Namun tidak ada wisatawan lain selain kami. Ada beberapa fasilitas seperti bangku-bangku yang sudah rusak. Sayang sekali.

Kami pun kembali ke atas bukit. Nah, dari sini lautan tampak jelas dan indah. Seluruh area Teluk Gurita tampak jelas dari sini.

Bukit Teluk Gurita (Fitraya/detikTravel)Bukit Teluk Gurita (Fitraya/detikTravel)

Tapi, kesempatan terbaik untuk menikmati Teluk Gurita adalah pantai yang berada di tepi jalan aspal. Jalan aspal ini sepertinya baru berumur 1-2 tahun dan tampak masih baru.

Pantai Teluk Gurita berpasir putih dan berombak tenang. Area berpasirnya tidak terlalu lebar, mungkin karena air laut sedang agak pasang saat itu. Indah betul pantai ini, begitu alami dan tidak ada siapa-siapa lagi.

Pantai Teluk Gurita serasa seperti pantai pribadi bagi kami. Tenang dan bikin rileks. Apalagi pantai ini menghadap ke arah matahari terbenam. Jadi, detikTravel merekomendasikan Pantai Teluk Gurita untuk menikmati sunset.

Tapi kalau bisa, jangan ke sini sendirian ya. Pantai ini sepi betul, enaknya ramai-ramai saja datang ke sini supaya lebih aman. Selamat jalan-jalan ke Pantai Teluk Gurita!

Simak kisah-kisah lain petualangan ke Atambua di Tapal Batas Detikcom.

Serasa pantai pribadi (Fitraya/detikTravel)Serasa pantai pribadi (Fitraya/detikTravel)
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED