Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mei 2017 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Pasir Putih Atapupu di Atambua, Serasa Pantai Pribadi

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Pantai Pasir Putih Atapupu (Fitraya/detikTravel)
Pantai Pasir Putih Atapupu (Fitraya/detikTravel)
Atambua -

Ada pantau yang wajib didatangi traveler saat liburan ke Atambua, NTT, namanya Pantai Pasir Putih Atapupu. Rasanya seperti pantai pribadi.

Hanya 6 km dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-Timor Leste di Motaain, ada sebuah pantai yang indah di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Dari pusat Kota Atambua jaraknya 30 km yang ditempuh dengan mobil sekitar 50 menit.

Inilah pantai liburannya warga Atambua dan sekitarnya. detikTravel dan Tim Tapal Batas detikcom berkunjung ke sana, Minggu (2/4/2017) sore. Suasana agak gerimis dan berawan, namun tidak mengurangi semangat kami untuk menjelajah pantai ini.

Pantai ini tepat berada di tepi Jalan Raya Nasional Trans Timor. Jadi aksesnya sangat gampang. Tinggal masuk ke gapura, parkir mobil dan kita bisa langsung menikmati pantainya.

 Wisatawan menikmati Pantai Atapupu (Fitraya/detikTravel) Wisatawan menikmati Pantai Atapupu (Fitraya/detikTravel) Foto: Fitraya Ramadhanny
Pantai Pasir Putih Atapupu memang seperti namanya. Pasir putih menghampar di sepanjang pantai. Ombaknya tenang dengan angin semilir yang membuat kita terbuai.

Kerumunan hutan bakau di ujung kanan dan kiri menjadi pembatas Pantai Pasir Putih Atapupu. Di balik hutan bakau di sisi barat, ada Pantai Sukaerlaran yang tidak kalah indahnya.

"Jangan terlalu dekat ke hutan bakau ya, pernah ada buaya," kata sopir kami.

Ah, memang tidak usah ke hutan bakau, karena menikmati garis pantai pasir putih ini sudah asyik sekali. Batu karang terkadang menyembut di bibir pantai, jadi hati-hati saja agar tidak terpeleset.

 Bebatuan karang di tepi pantai (Fitraya/detikTravel) Bebatuan karang di tepi pantai (Fitraya/detikTravel) Foto: Fitraya Ramadhanny
Namun masih banyak bagian pantai yang merupakan pasir mulus dan air laut yang jernih. Saya melihat satu keluarga menikmati sore di Pantai Atapupu dengan riang gembira.

detikTravel merekomendasikan traveler untuk datang ke Pantai Pasir Putih Atapupu pada sore hari. Pantai Pasir Putih Atapupu adalah pantai yang menghadap ke matahari terbenam.

Kalau beruntung, kita bisa melihat sunset yang cantik jelita. Namun jangan berlama-lama setelah matahari terbenam, karena daerah ini masih sangat sepi dan gelap. Jadi begitu selesai sunset, lebih baik segera kembali ke Kota Atambua sambil berburu wisata kuliner malam.

Simak kisah-kisah lain petualangan ke Atambua di Tapal Batas Detikcom (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED