Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Mei 2017 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Batu Gendang yang Dikeramatkan di Sabang

Bonauli
Redaksi Travel
Foto: Batu Gendang di Sabang (Bonauli/detikTravel)
Foto: Batu Gendang di Sabang (Bonauli/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Indonesia
Sabang - Di Sabang ada sebuah batu yang unik, namanya Batu Gendang. Di balik keunikannya, batu ini ternyata dikeramatkan!

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Sabang Jumat (26/5/2017) atas undangan Kementerian Pariwisata. Di balik keunikannya, Batu Gendang rupanya menjadi tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat Sabang.

"Batu Gendang sebenarnya tempat keramat, di situ jadi tempat berkumpulnya para Wali pada jaman dahulu," ujar Zulfli Purnawati, Kadispar Sabang.

Berada di dalam kawasan hutan lindung Iboih, Batu Gendang agak sulit untuk ditemukan. Katanya tidak sembarang orang lho yang bisa sampai ke sini.

"Hanya orang yang hatinya bersih dan lurus yang bisa menemukan tempat ini. Tidak semua orang bisa sampai ke Batu Gendang," jelas Purnawati.

Kisah Batu Gendang yang Dikeramatkan di SabangFoto: (Bonauli/detikTravel)
Kalau dilihat, bentuk batu ini disusun menyerupai bangunan. Atasnya rata dan Batu Gendang berdiri di depan susunan batu-batu lain.

"Kalau diperhatikan, di belakang Batu Gendang, ada batu paling besar yang di atas punya bentuk datar. Di atas batu itu dijadikan sebagai tempat salat dan mufakat para Wali," ungkap Purnawati.

Saat waktu salat tiba, para Wali akan salat berjamaah di atas batu yang datar. Batu Gendang akan dibunyikan layaknya bedug.

Inilah yang menjadikan informasi tentang wisata Batu Gendang hanya sedikit diketahui oleh para wisatawan. Latar belakang Batu Gendang sebagai tempat pengambilan keputusan para Wali membuat kawasan ini dikeramatkan.

"Itu kenapa tempat ini kurang kita promosikan secara luas, takutnya wisatawan mau lihat tapi tidak sampai karena tidak semua orang bisa melihat Batu Gendang," tutup Purnawati. (bnl/krn)

FOKUS BERITA

Pesona Indonesia
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED