Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Jun 2017 17:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Masjid 100% Kayu di Bangka

Bonauli
Redaksi Travel
Masjid kayu yang unik di Bangka (Sastri/detikTravel)
Masjid kayu yang unik di Bangka (Sastri/detikTravel)

FOKUS BERITA

Masjid Unik Indonesia
Pangkalpinang - Masjid unik Indonesia ada juga di Pulau Bangka. Di sini ada masjid yang terbuat dari 100 persen kayu. Bukan cuma unik tapi juga instagenic.

Nama masjid ini adalah Masjid Baitul Hajj atau dikenal dengan nama Masjid Kayu. Masjid ini terletak di Desa Tuatunu. Kalau dari Pangkalpinang, desa ini berjarak tempuh sekitar 30 menit.

BACA JUGA: Bukan Buah, Ini Batu Belimbing di Bangka

Masjid ini masih menjadi bagian dalam Keleka Community. Keleka Community adalah komplek wisata yang menyuguhkan aneka tradisi dan kebudayana khas Bangka.

Bukan cuma bangunannya yang unik, tapi juga tanggal peresmiannya. Masjid ini diresmikan ditanggal yang cantik yaitu 12-12-12 alias 12 Desember 2012.

Teras Masjid yang instagenic (Sastri/detikTravel)Teras Masjid yang instagenic (Sastri/detikTravel)
Sesuai namanya, masjid ini terbuat dari kayu 100 persen. Kayu yang digunakan adalah kayu Cempedak dan Meranti. Mulai dari lantai, langit-langit, tangga hingga mimbarnya, semua terbuat dari kayu!

Di bagian dalam masjid terdapat 5 tiang yang menyangga bangunan. 5 tiang ini disebut-sebut sebagai ciri khas dari Masjid Jami di masla lampau.

Tak seperti masjid biasanya yang hanya digunakan untuk beribadah. Masjid Kayu juga digunakan sebagai sebagai galeri. Galeri ini beririkan benda-benda antik dan alat permainan khas anak-anak Bangka di masa lampau.

BACA JUGA: Bukan Cuma Pantai, Bangka Juga Punya Tempat Nongkrong Kekinian

Di kawasan Keleka Community yang menjadi tempat Masjid Kayu ini juga terdapat banyak tempat menarik. Traveler bisa menemukan rumah panggung yang menjadi ciri khas dari rumah kebun di Bangka, lengkap dengan Dapuk.

Dapuk adalah tungku berkaki yang sering ditemui di rumah-rumah orang Bangka di masa lalu. Ada pula kolam pemancingan ikan, juga saung untuk bersantai dan menikmati makanan ringan

Yuk ke Masjid Kayu di Bangka, untuk mengisi waktu Ramadan kita! (bnl/fay)

FOKUS BERITA

Masjid Unik Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!

Foto: Toilet Umum Terindah di Dunia

Jumat, 20 Apr 2018 21:55 WIB

Toilet umum pasti lekat dengan suasana yang kurang higienis. Rasanya cuma di Norwegia, ada toilet pinggir jalan yang tak cuma bersih tapi terlalu cantik!