Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jul 2017 14:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan Ini, Yuk Wisata Seru di Danau Ranau

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Danau Ranau di perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan (Kurnia/detikTravel)
Foto: Danau Ranau di perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan (Kurnia/detikTravel)
Ogan Komering Ulu Selatan - Wisata ke Danau Ranau tak kalah asyik dengan pantai. Liburan akhir pekan pun rasanya pas wisata ke danau terbesar kedua di Sumatera ini.

Akhir pekan sudah di depan mata. Walaupun hanya sebentar, bukan berarti traveler tak bisa ke mana-mana saat liburan akhir pekan. Nah, salah satu tempat yang oke buat menghabiskan akhir pekan adalah Danau Ranau.

Berlokasi di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Luasnya mencapai sekitar 125,9 km2.

detikTravel berkesempatan wisata di Danau Ranau beberapa waktu lalu. Saat itu saya menggunakan mobil dari Kota Bandar Lampung menuju kawasan wisata danau yang ada di sisi Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Wisata di danau terluas kedua di Sumatera (Kurnia/detikTravel)Wisata di danau terluas kedua di Sumatera (Kurnia/detikTravel)


Jarak yang ditempuh sekitar 281 km. Sepanjang perjalanan, pemandangan ibu kota kabupaten, perkebunan serta pedesaan terlihat. Setelah berkendara berjam-jam, tibalah di kawasan Wisma Pusri yang menjadi salah satu spot traveler untuk menginap dan wisata di Danau Ranau.

Danau Ranau yang sungguh luas begitu memanjakan mata, ditambah lagi dengan pemandangan Gunung Seminung yang menjulang setinggi 1.880 mdpl di tepian. Asyik banget buat foto-foto.

Udaranya segar dan suasananya pun tenang. Jauh dari keramaian kota. Di danau ini traveler juga bakalan serasa seperti di pantai. Tepiannya berpasir dan ada kapal-kapal wisata bersandar.

Bedanya, sejauh mata memandang yang terlihat air danau yang tenang, bukan air laut yang asin dan berombak. Sejumlah anak-anak pun tampak asyik berenang dan ada pula yang duduk di atas ban yang terapung.

Selain berenang, traveler bisa menyusuri danau naik kapal. Biaya sewa kapal sekitar Rp 250 ribu per kapal PP, tergantung jauh dekatnya lokasi yang mau dituju. Tujuannya bisa dipilih, mau ke Pulau Marisa di tengah danau atau ke pemandian air panas alami di kaki Gunung Seminung.

Pulau Marisa (Kurnia/detikTravel)Pulau Marisa (Kurnia/detikTravel)


Kolam pemandian air panasnya cukup luas. Namun banyak juga turis yang merasakan langsung air hangat yang mengalir dari mata air dengan berendam di sekitar tepi danau, di luar area kolam.

Usai berendam bisa duduk santai sejenak sambil jajan gorengan. Ada kios-kios yang buka di sini. Terkadang ada pula ibu-ibu yang menjual buah segar seperti jambu dan alpukat.

Kapal sewaan akan bersandar menanti hinga saatnya traveler ingin kembali berlayar ke dermaga di Wisma Pusri. Pastinya liburan di sini memang santai banget dan cocok buat kabur sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
(krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED